SELATPANJANG - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kepulauan Meranti menggelar Sosialisasi Peningkatan Peran Serta Masyarakat dalam Pengelolaan Persampahan, bertempat di Ballroom Indo Baru Hotel Jalan Diponegoro, Kecamatan Tebingtinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti. Selasa (23/07/19).

Kegiatan ini dilaksanakan melalui Bidang Kebersihan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan (BKPKL) Kabupaten Kepulauan Meranti.

Saat memberi sambutannya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kepulauan Meranti Hendra Putra mengatakan bahwa kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sangat minim sedangkan kebersihan lingkungan sangat penting dalam kehidupan masyarakat.

"Sekarang kepedulian masyarakat kita tentang kebersihan lingkungan sangat berkurang karena dengan adanya petugas kebersihan yang di sediakan Pemerintah setempat. Seharusnya masyarakat ikut serta membantu dalam membersihkan lingkungan," kata Hendra Putra.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Said Hasyim menegaskan bahwa kegiatan ini seharusnya dilaksanakan di lapangan terbuka supaya masyarakat bisa mengerti pentingnya kebersihan lingkungan dan kita bisa mendengar secara langsung keluhan masyarakat terkait sampah.

"Seharusnya kita melakukan sosialisasi ini di tengah-tengah masyarakat, supaya kita dapat mendengar keluhan dari masyarakat terkait sampah. Kalau kita ingin mendengar keluhan masyarakat terkait sampah bukan di sini (Ballroom Indo Baru Hotel), tapi di tengah-tengah keramaian masyarakat seperti di lapangan terbuka dan kita undang masyarakat supaya bisa mengerti pentingnya kebersihan lingkungan," ungkap Said Hasim.

Setelah itu, Said Hasim juga mengatakan kepada seluruh peserta yang hadir supaya berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kebersihan terhadap lingkungan.

"Kita harus meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Setiap pagi kita harus membuang sampah dan setidaknya kita membuang sampah tiga kali dalam sehari, permasalahan sampah ini adalah bahagian dari kehidupan kita sehari-hari," tambah Said Hasyim.

Tidak hanya itu, Said Hasim juga membandingkan keberhasilan Indonesia pada umumnya dengan negara lain.

"Pengen bersih seperti Jepang, orang Jepang melihat sampah langsung membuang sampah itu sendiri kalau orang Indonesia melihat sampah minta buang dengan Dinas. Kalau kesadaran dari masyarakat itu tidak ada, jangan harap negara kita bersih seperti negara Jepang," pungkasnya.***