SELATPANJANG - Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim, membuka secara resmi Musyawarah Wilayah III Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) 04.15 Kabupaten Kepulauan Meranti dan bimbingan organisasi, pada kesempatan itu wabup menekankan pentingnya peran RAPI dalam mengkomunikasikan dan menginformasikan berbagai hal ditengah masyarakat apalagi bagi Meranti yang masih dalam keterbatasan signal dan lainnya, dengan pentingnya peran RAPI Wabup Meranti langsung menyatakan daftar sebagai anggota, bertempat di Aula SD 6 Selatpanjang, Sabtu (19/10/2019).

Turut hadir, RAPI 04 Provinsi Riau Amiarta, Kabag Kominfo Setdakab Meranti Febriadi, Perwakilan Polres Meranti Ipda Herry, Pengurus RAFI H. Arifuddin, serta anggota dan simpatisan RAPI Meranti, Satpol PP, Dishub, dan Protokol Setdakab Meranti.

Sekedar informasi seperti disampaikan panitia pelaksana, Irman SE, kegiatan Muswil III RAPI Kepulauan Meranti, bertujuan untuk membentuk kepengurusan baru RAPI Meranti masa Bakti 2019-2023.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati H. Said Hasyim, menekankan keberadaan organisasi RAPI bagi masyarakat dan pemerintah daerah sangat penting apalagi melihat kondisi Meranti yang serba keterbatasan baik tranportasi maupun komunikasi khususnya bagi masyarakat yang berada diperbatasan.

"Yang paling berguna sekali saat terjadi bencana alam, menginformasikan keluarga yang sakit pada wilayah yang tidak mendapat signal selular maka RAPI ini sangat dibutuhkan, dan saya minta kepada pengurus RAPI Meranti yang terpilih dapat membentuk organisasi RAPI hingga ke desa/kelurahan," ujar wabup.

Selanjutnya, wabup berpesan kedepan RAPI Meranti dapat mendukung pemerintah dan membantu masyarakat dalam mengkomunikasikan berbagai masalah yang terjadi di masyarakat sehingga dapat diambil tindakan cepat.

Terakhir dengan penting dan strategisnya peran RAPI dengan HT yang dulunya merupakan komunikasi andalan sebelum adanya telepon selular, pada kesempatan itu Wabup langsung memdaftarian diri sebagai anggota RAPI Kepulauan Meranti.

"Saat ini juga saya menyatakan ingin bergabung sebagai anggota RAPI Meranti," ujarnya disambut tepuk tangan dari semua angota dan simpantisaj yang hadir.

Ia pun berpesan kepada anggota RAPI untuk menjalankan Muswil dengan baik hingga terbentuknya kepengurusan yang baru dalam membangun komunitas yang sehat.

Kabag Kominfo Sekda Meranti dalam pidatonya mengucapkan terima kasih kepada RAPI yang telah membantu dan mendukung pemerintah daerah.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam penggunaan teknologi komunikasi sehingga informasi dapat disampaikan dengan cepat dan efisien dalam rangka mengambil tindakan cepat dalam hal apapun," ujarnya.

Kemudian Ketua RAPI Provinsi Riau yang disampaikan oleh Amiarta, dalam sambutannya mengucapkan apresiasi kepada pejabat sementara yang telah memfasilitasi musyawarah wilayah III RAPI Meranti.

Dijelaskan Amiarta, organisasi RAFI merupakan organisasi resmi yang masuk dalam lembaran negara, sebagai organiasi yang bergerak dalam kegiatan sosial dikatakan Amiarta RAPI siap mendukung tugas-tugas Pemerintah dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

"Kami bersama teman-teman RAFI siap diberdayakan," aku Amiarta. 

Kegiatan pembukaan Muswil III RAPI Meranti yang berlangsung hikmat ditutup dengan acara salam-salaman antar pengurus dengan Wakil Bupati Dr H. Said Hasyim yang dilanjutkan dengan foto bersama. (rls)