PEKANBARU - Jerih payah aparat kepolisian dari Polsek Tampan, membina masyarakat di wilayah Kecamatan Tampan, agar dapat menerapkan protokol kesehatan, saat beraktivitas, di era new normal, akhirnya membuahkan hasil. Kini mayoritas masyarakat di Kecamatan Tampan sudah menerapkan protokol kesehatan.

Menertibkan masyarakat dengan kawasan yang luas, bukanlah hal yang mudah. Hal itu merupakan suatu tentangan bagi Kompol Hotmartua Ambarita. Dimana pada saat Ia ditugaskan untuk menjadi Kapolsek Tampan, disaat itu pula pandemi Covid-19, mulai merebak di bumi lancang kuning.

Langkah awal yang dilakukan Ambarita adalah, mengumpulkan personel Polsek Tampan, lalu meminta tokoh-tokoh masyarakat di Kecamatan Tampan, untuk melakukan diskusi bagaimana untuk menerapkan protokol kesehatan pada saat masyarakat beraktivitas.

Hingga akhirnya didapatkan satu kesepakatan, untuk mencontohkan penerapan protokol kesehatan, dimulai dari kawasan pasar, dimana hampir seluruh masyarakat, pergi ke pasar untuk membeli kebutuhan sehari-hari di pasar.

Atas kesepakatan bersama itu, Personel Polsek Tampan, bersama tokoh masyarakat, dan pemuda setempat, mulai dikerahkan untuk membuat tempat pencucian tangan, garis jaga jarak untuk pedagang dan pembeli di pasar, lalu pos pemeriksaan suhu dan masker di kawasan Pasar Selasa Panam.

Setelah tempat cuci tangan disediakan, garis-garis jaga jarak dibuat, bagi masyarakat yang datang ke Pasar Selasa diperiksa oleh tim Polsek Tampan, bagi yang suhu tubuhnya tinggi, akan diperiksa di puskesmas terdekat, dan bagi yang tidak menggunakan masker diarahkan untuk memakai masker.

Awalnya memang banyak masyarakat yang melakukan pelanggaran, hingga akhirnya semakin sering dan semakin lama pemeriksaan dilakukan, masyarakat di Kecamatan Tampan, terutama yang sering pergi ke Pasar Selasa, mulai menjadi terbiasa menerapkan protokol kesehatan.

Hingga akhirnya sistem tersebut diterapkan di instansi pemerintah dan tempat-tempat lain yang berpotensi menimbulkan keramaian.

"Iya awalnya kita membina masyarakat, untuk menerapkan protokol kesehatan, itu mulai dari Pasar Selasa Panam. Disana masyarakat diperiksa suhunya, masker, dan diwajibkan mencuci tangan di tempat pencucian tangan yang kita letakkan di beberapa titik di pasar selasa, lalu diberikan imbauan secara berkala. Begitulah awalnya memang berat kita membina masyarakat, tapi semakin sering dilakukan masyarakat menjadi disiplin dalam hal menerapkan protokol kesehatan, di era new normal ini," ujar Kapolsek Tampan, Kompol Hotmartua Ambarita, kepada GoRiau.com, Minggu (29/11/2020). ***