MEDAN - Uskup Agung Kota Medan, Sumatera Utara, Mgr Kornelius Sipayung dan 4 pastor dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Juru Bicara Keuskupan Agung Medan Pastor Benjamin Purba mengatakan, kelimanya dinyatakan positif terpapar virus corona berdasarkan hasil tes swab.

Disebutkan Benjamin Purba, keempat pastor yang positif Covid-19 itu adalah Michael Manurung, Frans Borta P Rumapea, Romualdus Nairun dan Joddy Morison Turnip.

Benjamin mengatakan, keempat pastor itu tinggal bersama dengan Uskup Agung Medan Kornelius di Keuskupan Jalan Imam Bonjol, Medan, Sumatera Utara.

''Saat ini keempat pastor tersebut dirawat di RS Elisabeth,'' ujar Benjamin melalui siaran Youtube resmi KAM, Ahad (19/7/2020).

Pastor Michael Manurung mulai dirawat di rumah sakit pada 7 Juli 2020 dan dinyatakan positif.

Kemudian, Pastor Frans Borta P Rumapea dirawat sejak 14 Juli 2020, dengan gejala meriang dan batuk. Lalu hasil tes usap PCR menyatakan pasien positif corona.

''Pastor Romualdus Namirun masuk 15 Juli, demam dan hasil pemeriksaan positif. Sedangkan Pastor Jody Turnip masuk 16 Juli, demam dan lemas, tes PCR positif,'' ujar Benjamin.

Benjamin mengimbau bagi warga ataupun para jemaat yang pernah kontak erat dengan uskup dan empat pastor itu agar memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan. Hal tersebut penting dilakukan demi memutus penyebaran virus corona.

''Informasi ini untuk menolong kita, karena virus ini begitu kencang. Bagi mereka yang bertemu sejak 1 Juli 2020, harap mengambil sikap sendiri dan entah itu berkonsultasi dengan dokter setempat. Jadi informasi ini hati-hati, kita waspada,'' kata dia.***