BENGKALIS–Kasus baru Covid-19 di Kabupaten Bengkalis kembali menunjukkan grafik peningkatan setelah sehari sebelumnya sempat menurun. Hari ini (Senin, 19/7/2021) bertambah 45 kasus baru dari sehari sebelumnya hanya 30 orang. Sementara meninggal dunia 4 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis, Ersan Saputra Th menjelaskan, tambahan 45 kasus baru itu berasal dari 6 kecamatan. Yakni, Kecamatan Mandau 24 orang, Bengkalis 12 orang, Bathin Solapan dan Pinggir masing-masing 3 orang, Bukit Batu 2 orang dan Rupat Utara 1 orang. 

Ditambahkannya, 24 orang dari Mandau itu berasal dari (kelurahan/desa) Pematang Pudu 7 orang, Air Jamban 6 orang, Talang Mandi 1 orang, serta Duri Barat, Gajah Sakti, Babussalam, Duri Timur dan Balik Alam masing-masing 2 orang. 

Untuk 12 orang dari Bengkalis, imbuhnya, dari Air Putih dan Rimba Sekampung masing-masing 3 orang, Senggoro dan Bengkalis Kota masing-masing 2 orang, serta Pedekik dan Pangkalan Batang masing-masing 1 orang. 

Sementara 3 orang di Pinggir dari Muara Basung, Balai Raja dan Titian Antui. Sedangkan 3 orang di Bathin Solapan dari Tambusai Batang Dui, Balai Makam dan Simpang Padang. 

“Adapun 2 orang di Bukit Batu dari Sukajadi, dan 1 orang di Rupat Utara dari Tanjung Medang”, katanya.

Bertambahnya 45 kasus baru hari ini, membuat kumulatif positif Covid-19 di Kabupaten Bengkalis menjadi 3.392 orang.

Rinciannya 2.642 orang sembuh, 158 orang meninggal dunia, 537 menjalani isolasi mandiri, dan 55 orang dirawat di rumah sakit.

Dibanding kemarin, pasien sembuh bertambah 34 orang dan yang meninggal dunia bertambah 4 orang. Sementara pasien yang masih menjalani isolasi mandiri dan dirawat di rumah sakit bertambah 6 orang.

Di bagian lain, karena kasus positif Covid-19 masih terus bertambahnya, dia kembali mengimbau seluruh lapisan masyarakat di daerah ini secara kolektif dan dengan rasa tanggung jawab yang tinggi untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Seluruh masyarakat di Kabupaten Bengkalis hendaknya senantiasa menjalankan 5M kapan dan dimana pun berada. Yakni, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas,” pinta Ersan.***