PEKANBARU - Perkumpulan Penyelenggara Jasaboga Indonesia (PPJI) Provinsi Riau bersempena memperingati Hari Jadi Kota Pekanbaru ke-236 menggandeng sejumlah pihak terkait dengan industri kuliner menggelar kegiatan "Bazaar Kuliner Online" disingkat Bakul Online di UKM Hub, Jalan Arifin Ahmad Pekanbaru dengan menerapkan standar protokol kesehatan Covid-19, pada 28 Juni sampai 18 Juli 2020.

Kegiatan ini salah satunya bertujuan untuk menumbuhkan semangat pelaku bisnis ekonomi kreatif bidang online di tengah menurunnya penjualan bahkan mengalami zero income ini akan dilaksanakan mulai pukul 10.00 sampai 17.00 WIB.

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan stabilitas dan penjualan pelaku bisnis ekonomi kreatif di bidang kuliner," kata Ketua PPJI Riau, Alfa Frisa Septania di Pekanbaru, Senin (29/6/2020).

Menurut pebisnis kuliner yang akrab disapa Nonie ini, peringatan Hari Jadi Kota Pekanbaru ke-236 yang jatuh pada tanggal 23 Juni 2020 ini di tengah wabah pandemic Covid-19 dimana semua orang harus menerapkan protokol kesehatan yang dibuat pemerintah agar terhindar dari virus yang mematikan ini.

Nonie mengatakan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan kelaziman baru atau New Normal di kota Pekanbaru berdampak pada sektor ekonomi kreatif.

"Banyak even ditiadakan karena wabah pandemi Covid-19, sementarar banyak masyarakat yang masih menggantungkan diri pada kegiatan tersebut," ujar Nonie.

Menurut Nonie, pelaku bisnis dan kuliner, dituntut untuk terus berpikir positif dan mampu berinovasi dengan tetap menaati peraturan pemerintah sambil terus berusaha menstabilkan dan bahkan meningkatkan ekonomi kawan-kawan seperjuangan.

"Inilah kami bersama-sama memprakarsai kegiatan Bazaar Kuliner Online ini. Bak kata pepatah Melayu, 'tidak akan lahir nakhoda handal di laut tenang', maka masalah dan rintangan yang datang adalah ujian untuk tetap bertahan dalam situasi apapun," ujar Nonie.

Berbagai kegiatan virtual dilakukan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Pekanbaru ke-236 seperti Web Seminar (Webinar) yang telah dilaksanakan pada tanggal 22 Juni 2020, Bazaar produk pelaku kuliner melalui platform digital, Food Court Anti Covid-19, Stage live IG tematik by Sponsor, Webinar dari Pertamina tentang permodalan di masa Covid, Webinar dari Asosiasi Pengusaha Dekorasi Indonesia (Aspedi) Riau tentang bisnis dekorasi di tengah pandemi, Mini Studio Webinar Foto produk kuliner FKP Riau, Lomba masak virtual PPJI ke-2, kelas masak virtual anak membuat pizza, lelang produk virtual RMR, Lomba Merchant Terkeren dan video bareng memperingati Hari Jadi Kota Pekanbaru ke-236 dan banyak kegiatan yang bisa dinikmati di rumah saja.

Selain itu, start up Bakul online akan mengajak pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di bidang kuliner di Kota Pekanbaru untuk berjualan di satu lokasi dengan menerapkan standar operational prosedur Covid-19 yang menjamin kebersihan produk dan menggunakan sistem pembelian online dengan platform aplikasi gofood.

Menurut Nonie, kelancaran dan kesuksesan acara ini tidak akan terlepas dari dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak.

"Kami mengharapkan dukungan dan kerja sama agar acara ini dapat terselenggara dengan baik dan bermanfaat bagi kita semua," kata Nonie.

Kegiatan yang menurut Nonie dikerjakan secara 'keroyokan' secara bersama-sama dirajut secara online lewat chating-chating bersama @gojek.pekanbaru ini dilandasi niat membantu bisnis kuliner yang terkena dampak pandemi Covid-19 untuk dapat terus bertahan diterpa cobaan ini.

Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari BPJS Ketenagakerjaan, Pegadaian, Gojek dan PT Pertamina dan dilengkapi oleh tim yang selalu bisa menyulap keisengan menjadi kegiatan-kegiatan bermanfaat dari Caraka_Corp, DPD PPJI Riau, DPC PPJI Pekanbaru, Forum Kewirausahaan Pemuda (FKP) Provinsi Riau, Relawan Muda Riau, dan Aspedi Riau.

"Harapan kami semoga selama pelaksanaan kegiatan pada 28 Juni sampai 12 Juli 2020 kita semua dikawal kesehatannya, dilancarkan rejekinya dan dikuatkan kekompakannya untuk survive dalam segala hal. Amin," kata Nonie. ***