PEKANBARU – Setelah resmi dibuka kembali (re-opening) pelayaran perdana Dumai-Melaka/Port Dickson pada Kamis (05/05/2022) lalu oleh Gubernur Riau (Gubri) Drs H Syamsuar MSi, hari ini (Jum'at, 06/05/2022) warga Malaysia yang bertolak dari Pelabuhan Antarbangsa Negeri Melaka tiba di Terminal Kedatangan Pelabuhan Internasional Dumai, Riau.

Ada sekira 237 orang penumpang kapal yang sebagian besar (130 orang) warga Malaysia.

"Mereka ke Riau ada yang ingin berwisata, silaturrahmi dan juga ada yang urusan bisnis," ungkap Kadis Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat, yang menyambut langsung kedatangan para pelancong bersama Dandim Dumai, pada Jum'at siang.

Kedatangan para pelancong itu ke Riau tentu saja menumbuhkan optimisme baru bagi pariwisata Riau. Terlebih sudah lebih kurang dua tahun aktivitas pariwisata hampir lumpuh akibat pandemi Covid-19.

"Mudah-mudahan semakin banyak turis mancanegara yang datang ke Riau," harap Roni lagi.

Gubri Syamsuar juga punya harapan yang sama. Setelah re-opening pelabuhan internasional Dumai, kini Gubri juga sedang berupaya dibukanya kembali rute penerbangan internasional dari dan ke Riau.

Ini sangat penting, mengingat banyak warga negara asing yang tidak saja ingin berwisata ke Riau, tapi juga untuk urusan bisnis atau investasi.

"Kalau Dumai dibuka, penerbangan internasional juga dibuka kembali, tentu akan sangat besar pengaruhnya bagi pertumbuhan ekonomi daerah. Ekonomi akan kembali menggeliat," ucap Gubri optimis.

Apalagi dengan terus melandainya kasus Covid-19 di tanah air, pemerintah semakin melonggarkan aturan terkait protokol kesehatan Covid-19.

Kini, berpergian ke luar negeri cukup mendapatkan vaksin kedua tanpa perlu melakukan pemeriksaan antigen atau PCR. ***