JAKARTA - Cabang olahraga Pencak Silat kembali menyumbang medali emas kesebelas setelah trio pesilat Indonesia, Pramudya Yuristya, Lutfi Nurhasanah dan Gina Tri Lestari berhasil meraih poin tertinggi dalam pertandingan final seni beregu putri cabang pencak silat Asian Games 2018, di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Rabu (29/8/2018). 

Trio pesilat Indonesia meraih skor tertinggi, yakni 466. Hasil itu beda dua angka dengan pesilat Vietnam  yang beranggotakan Thi Thu Ha Nguyen, Thi Huyen Nguyen, dan Thi Binh Voung yakni 464 poin dengan meraih medali perak. 

Sementara di juara ketiga dengan perolehan medali perunggu, yakni pesilat dari Thailand, As Ma Jeh Ma/Yuweeta Samahoh/Ruhana Chearbuli dengan skor 448.

Dalam kategori ini, pesilat harus terlihat kompak dan bertenaga dalam menampilkan gaya atau jurus-jurusnya. 

Pesilat Indonesia tidak berhasil menyelesaikan semua teknik dengan tepat waktu yaitu 3 menit. Pesilat Indonesia melewati waktu satu detik, yakni 03:01. Namun demikian, angka yang diberikan wasit juri pun masih tinggi melampaui pesaingnya.

Tiga medali emas diperebutkan dalam pertandingan kelas seni untuk kategori tunggal putra, ganda putri dan dan regu putri.