JAKARTA - Selama 74 tahun TNI Angkatan Laut telah menunjukkan jati dirinya sebagai komponen pertahanan negara yang tangguh di tengah perubahan lingkungan strategis yang kian dinamis. Demikian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji mengawali amanatnya dalam memimpin Upacara Peringatan Hari Jadi TNI Angkatan Laut ke-74 di Dermaga Pondok Dayung, Koarmada I, Jakarta Utara, Selasa (10/9/2019).

Selanjutnya Kasal menambahkan, bahwa tanggal 10 September memiliki arti yang sangat penting bagi TNI Angkatan Laut, karena berdasarkan fakta sejarah, tanggal 10 September 1945 merupakan hari lahirnya Badan Keamanan Rakyat Bagian Laut (BKR Laut), yang merupakan tonggak sejarah berdirinya TNI Angkatan Laut. Oleh karena itu, untuk menghormati jasa pendiri BKR Bagian Laut, maka setiap tanggal 10 September ditetapkan sebagai hari lahirnya TNI Angkatan Laut.

Selaras dengan visi pemerintah lima tahun ke depan, TNI Angkatan Laut tahun ini adalah peningkatan sumber daya manusia. Tingginya tingkat profesionalisme dan komitmen yang ditunjukkan oleh prajurit dan PNS TNI Angkatan Laut dengan jelas merupakan bekal pokok di jalur kemajuan bangsa Indonesia. Pada peringatan HUT kali ini tema yang diambil yaitu, “Bersama Rakyat TNI Angkatan Laut Siap Membangun SDM Unggul, Fondasi Indonesia Maju.”

“Kebijakan pembangunan TNI Angkatan Laut ke depan selain untuk mencapai kesiapan operasional, juga diarahkan pada peningkatan profesionalisme personel. Lembaga Pendidikan dan Lembaga Pelatihan di lingkungan TNI Angkatan Laut harus mampu membangun karakter prajurit yang mampu menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan tantangan tugas serta memiliki kejuangan tinggi, sehingga mampu menghadapi perubahan dan persaingan dunia yang semakin ketat serta membutuhkan kualitas SDM yang tepat”, ujar Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Dalam peringatan HUT TNI AL Ke-74 Tahun 2019 yang melibatkan 1.134 personel ini, Kasal juga menganugerahkan tanda kehormatan Satya Lencana (SL) Kesetiaan VIII Tahun kepada Klk Nav Zaki Mubarok anggota Satkopaska Koarmada I, Satya Lencana Kesetiaan XVI Tahun kepada Serma Pom Rusli anggota Satprov Denma Kolinlamil, dan Satya Lencana Kesetiaan XXIV Tahun yang diberikan kepada Kapten Marinir Imron, Pasi-1 Yonkapa, Menkav Pasmar-1.

Selanjutnya, guna menyemarakkan hari jadi TNI AL ke-74, ditampilkan pula demonstrasi beladiri gabungan dari Kopaska Martial Art Koarmada I, Aikido Kopaska Koarmada I, Tim Karate Koarmada I, Jiu Jitsu Dislambair Koarmada I, dengan background unsur KRI dan Ranpur antara lain KRI Bung Tomo-357, KRI Sutanto-377, KRI Sultan Thaha Syaifuddin-376, KRI Sembilang-850, KRI Torani-860, KRI Teluk Cirebon-543 serta 4 Unit BTR.

Dalam upacara parade dan defile kali ini melibatkan pula pasukan upacara yang terdiri dari 1 unit Korsik gabungan Mabesal, Lantamal III Jakarta dan Lanmar Jakarta, kelompok Panji TNI AL, 1 Satuan Setingkat Kompi (SSK) Perwira gabungan (Pamen dan Pama) dari Mabesal, Kormar dan Kolinlamil, 1 Satuan Setingkat Batalyon (SSY) Gabungan dari Puspomal dan Kowal, 1 SSY Bintara gabungan dari Koarmada I dan Kolinlamil, 1 SSY Tamtama Gabungan dari Kolinlamil, Pushidrosal dan Seskoal, 1 SSY Marinir dari Kormar, 1 SSY Gabungan dari Dislambair dan Puspenerbal, 1 SSY Gabungan Kopaska dengan Taifib, 1 SSK gabungan Kompi PNS dan Kompi Gabungan Saka Bahari.

Kegiatan Peringatan Hari Jadi TNI AL ke-74 turut dihadiri di antaranya Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman, Wakasal Laksdya TNI Wuspo Lukito, Sekjen Kemhan Laksdya TNI Agus Setiadji, Danjen Akademi TNI Laksdya TNI Aan Kurnia, Kabakamla Laksdya TNI A.Taufiq R. ***