SELATPANJANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti dalam hal ini Bupati Haji Muhammad Adil SH, melakukan penandatanganan kerjasama (MoU) dengan Universitas Islam Riau. Kerjasama dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kepulauan Meranti sekaligus dukungan optimalisasi pemanfaatan potensi Meranti melalui riset dan penelitian oleh UIR, dipusatkan di Gedung Rektorat UIR, Sabtu (10/7/2021).

Penandatanganan MoU langsung dilakukan oleh Bupati Kepulauan Meranti, H Muhammad Adil dan Rektor UIR, Prof Dr H Syafrinaldi, disaksikan oleh para guru besar dan dosen pengajar UIR diantaranya Wakil Rektor III, Dr Ir Rosyadi, Wakil Rektor II, Dr Ir Asrol, Direktur PPs, Prof Dr Yusri Munaf dan Dr Ir Agusnimar serta serta sejumlah perwakilan OPD dilingkungan Pemkab Meranti.

Sekedar informasi, Bupati Adil terus menjalin kerjasama dengan berbagai Perguruan Tinggi di Sumatera maupun di Pulau Jawa. Tujuannya tak lain adalah untuk memperbanyak relasi dengan banyaknya relasi tentu semakin banyak pula dukungan dari dunia akademik dalam mensukseskan Visi dan Misi Kabupaten Meranti khususnya dalam meningkatkan kualitas SDM dan pemanfaatan potensi perkebunan, perikanan, dan pertanian serta lahan gambut yang menjadi andalan Meranti selama ini.

Selanjutnya, dihadapan Rektor dan para guru besar UIR, Bupati Adil mengucapkan apresiasi dan terima kasih yang tinggi kepada UIR yang telah menjalin sinergitas dengan Pemkab Meranti. Menurutnya kegiatan ini merupakan moment yang sangat baik bagi kedua lembaga ini untuk sama-sama memberikan yang terbaik kepada masyarakat.

Bupati berharap kerjasama ini dapat terus berjalan dengan baik. Dan, MoU yang ditandatangani ini tidak sekedar melanjutnya kerjasama yang ada tetapi juga dikembangkan dalam bidang-bidang yang sangat diperlukan oleh daerah. Tidak saja di bidang pendidikan tinggi tetapi juga penelitian, pendampingan dan pengembangan masyarakat dalam sektor-sektor lainnya seperti perkebunan dan kewirausahaan.

Lebih jauh dijelaskan Bupati Adil, dari hasil survei BPS rata-rata lama pendidikan anak-anak Meranti hanya 7 tahun. Artinya saat SMP 1 tahun sudah putus sekolah.

Atas dasar itulah Bupati dan Wakil Bupati H Muhammad Adil-H Asmar, mengusung visi menjadikan Meranti maju, cerdas dan bermartabat dengan penyediaan 5.000 beasiswa pendidikan tinggi baik untuk S1, S2 dan S3.

Dengan banyaknya anak Meranti yang lulus dari perguruan tinggi, maka bidang-bidang pekerjaan di daerah dapat oleh putra tempatan sehingga adaptasinya lebih cepat dan rasa memilikinya lebih tinggi.

"Inilah tujuan utama dari visi Pemerintah untuk menjadikan Meranti maju, cerdas dan bermartabat," ucap Bupati Adil.

Sepakat Bupati Meranti, Rektor UIR, Prof Dr Syafrinaldi, dalam sambutannya menyambut baik penandatanganan MoU tersebut, karena sejalan dengan program Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam upaya mendukung peningkatan kualitas SDM khususnya di Kepulauan Meranti. Iapun berharap nantinya UIR dapat membantu bidang-bidang yang akan dikembangkan oleh Pemkab Meranti dalam mensukseskan Visi Misi Daerah.

"Untuk itu MoU harus segera ditindaklanjuti agar memberikan nilai baik bagi Meranti maupun UIR dalam menjalankan program Kampus Merdeka seperti yang telah diamanatkan pemerintah," pungkasnya.***