PEKANBARU - Tim Sepak Takraw asal Kuantan Singingi berhasil memenangkan Kejuaraan Daerah (Kejurda) tingkat provinsi dengan mengalahkan tim dari Kabupaten Kampar. Kemenangan ini mendapat respon positif dari Anggota DPRD Riau Dapil Inhu-Kuansing, Marwan Yohanis.

Marwan melihat langsung bagaimana putra-putra terbaik Kuansing ini bisa memenangkan Kejurda yang dilaksanakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) di Lapangan Purna MTQ, Minggu (11/7/2021).

Sebagai informasi, Kejurda ini dilaksanakan pada tanggal 8-12 Juli dengan diikuti oleh semua atlet terbaik se-Riau tingkat pelajar. Hanya satu kabupaten, yakni Rokan Hulu yang tidak mengirimkan perwakilannya.

Kemenangan tersebut, diharapkan Anggota Komisi V DPRD Riau ini, bisa mengingkatkan minat olahraga takraw yang memang sudah dimainkan oleh masyarakat Melayu sejak masih bernama sepak raga. Apalagi, olahraga adalah salah satu jalur pengembangan diri yang positif.

"Olahraga ini tujuannya kan menghindari generasi muda dari pengaruh hal negatif, semoga ini meningkatkan minat anak muda dalam berolahraga," kata Politisi Gerindra ini.

GoRiau Pemain Kuansing saat pemanasan
Pemain Kuansing saat pemanasan sebelum pertandingan.

Olahraga, menurut Marwan, merupakan alasan sang saka merah putih bisa berkibar di level internasional selain kunjungan kenegaraan oleh pemimpin negara. Begitu lah tingginya nilai-nilai olahraga.

"Jadi, kita terus mengimbau generasi muda untuk terus meningkatkan kemampuan olahraga, tidak pun untuk prestasi, minimal untuk menyehatkan diri," ujarnya.

Sementara itu, pelatih Tim Kuansing, Andra Weda mengucapkan rasa syukurnya atas kemenangan ini. Karena ini merupakan bukti bahwa anak-anak Kuansing mampu bersaing di level provinsi

"Saya selaku pelatih, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah mendukung dan mendoakan perjuangan anak-anak, semoga Kuansing tetap terdepan di olahraga sepak takraw. Mudah-mudahan provinsi bisa melihat potensi anak Kuansing ini dan anak-anak Kuansing bisa berkiprah di nasional," harapnya. ***