SOLO - Prestasi Tim Nasional (Timnas) Sepakbola Celebral Palsy (CP) Indonesia merupakan juara pada ASEAN Para Games 2017 Kuala Lumpur.  Makanya, Skuad Merah Putih ini siap mempertahankan gelar juara pada ASEAN Para Games (APG) 2022 Solo.

‘’Saya bersama seluruh pemain dan ofisial bertekad untuk kembali meraih gelar juara. Kami yakin bisa meraih medali emas APG 2022,’’ tandas pelatih Timnas Sepakbola CP Indonesia, Anshar Ahmad usai memimpin latihan timnya, Kamis (28/7/2022).

Mantan pemain Arseto Solo itu mengatakan, 14 pemain dalam skuadnya telah lolos klasifikasi, sehari sebelumnya.

Tujuh orang di antara penggawanya merupakan awak tim yang sama saat menjadi juara di APG Malaysia 2017. Mereka adalah kapten tim Yahya Hernanda, kiper Amin Rosyid, Adi Joko Saputro, Dani Priyo Sejati, Cahyana, Ahmad Yuliarsi dan Yahya Muhaimi.

‘’Kami sudah siapkan beberapa strategi baru untuk memenangi setiap pertandingan nanti,’’ tandas pria yang pernah menjadi asisten pelatih Persis Solo itu.

Kapten Timnas CP Indonesia, Yahya Hernanda juga menyatakan yakin, timnya menjadi yang tertangguh pada pertarungan sepak bola CP dengan sistem pertandingan 7 a side football di Stadion UNS Solo kampus Kentingan.

‘’Lawan terberat, Thailand. Jam terbang mereka lebih tinggi, karena sering ikut event internasional, termasuk Piala Dunia sepakbola CP di Spanyol, Mei 2022 lalu. Tapi kami juga tidak memandang sebelah mata kekuatan tim-tim lainnya,’’ ujar gelandang asal Kalimantan Selatan itu.

APG 2022 akan dipusatkan di Solo Raya dan Semarang, 30 Juli-6 Agustus 2022. Pada cabang sepak bola CP, ada empat tim yang akan bertanding untuk memburu gelar juara.

Selain tuan rumah Indonesia dan Thailand, tim lain yang akan berkompetisi di cabang tersebut adalah Myanmar dan Kamboja. Malaysia yang semula akan turut bersaing, dikabarkan membatalkan diri.

‘’Memang belum ada temu teknik yang memastikan tim-tim yang akan berlaga. Tapi jika Malaysia benar tidak turut bertanding, maka persaingan sedikit berkurang. Yang penting, anak-anak tetap fokus pada setiap laga,’’ tandas Anshar Ahmad.

Selama menjalani pelatnas di Solo, tim sepakbola CP NPC Indonesia telah menjalani serangkaian pertandingan uji coba.

Berdasarkan catatan sang arsitek tim, Yahya Hernanda dkk telah melakoni delapan laga latih tanding melawan tim-tim U15 lokal Solo Raya. Sekadar catatan, Timnas sepakbola CP direkomendasikan untuk berlaga melawan tim U 14 dengan pemain nondifabel.

‘’Dari delapan uji coba itu, anak-anak lima kali menang, sekali seri dan dua kali kalah,’’ ujar Anshar Ahmad.

Daftar pemain Timnas sepakbola CP NPC Indonesia:

1. Amin Rosyid (penjaga gawang)

2. Ahmad Yusuf (penjaga gawang)

3.Yahya Hernanda (kapten)

4. Ahmad Yuliarsi

5. Adi Joko Saputro

6. Dany Priyo Sejati

7. Yahya Muhaimi

8. Cahyana

9. Mahdianur

10. M Ikhsan Tabrani

11. M Ridhani

12. Abdul Aziz

13. Elfy Yikwa

14. Yusuf Suhendar

- Fery Kustono (Manajer)

- Anshar Ahmad (Pelatih)

- Afif Bayu (Pelatih). (Dok: npcindonesia) ***