PEKANBARU - Tim pengabdian Universitas Riau (Unri) Desa Pangkalan Serik, Kecamatan Siak Hulu mengadakan sosialisasi pentingnya standar pelayanan minimal (SPM) Desa kepada perangkat desa. Adapun materi yang diberikan mencakup pengenalam SPM Desa mulai dari katagori, serta alur pelayanan administrasi sesuai dengan Permandagri No. 2 Tahun 2017.

Dosen Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), Syofian, S.Sos, M.Si mengatakan, tim pengabdian Unri telah mengelompokkan pelayanan-pelayanan adminitrasi di desa seperti pembuatan akta kelahiran, pembuatan Kartu Keluarga (KK), akta kematian, dan lain sebagainya untuk sosialisasi SPM Desa. Diharapkan melalui sosialisasi SPM desa dapat mendekatkan, mempermudah keterbukaan dan efektifitas pelayanan masyarakat yang ada di desa Pangkalan Serik Kampar.

“Dengan adanya SPM Desa, dapat mendorong percepatan dalam memberikan pelayanan sesuai kewenangannya serta sebagai alat control masyarakat terhadap kinerja pemerintah desa," kata Syofian di Kabupaten Kampar, Kamis (15/8/2019).

Lebih lanjut, salah satu pemateri lainnya, Abdul Sadad, S.Sos, M.Si menuturkan bahwa peran serta masyarakat sangat dibutuhkan terutama memberi masukan dalam proses penyelenggaraan SPM Desa. Sebab pemerintah desa merupakan perpanjang dari pemerintah kabupaten.

Ads
"Pemerintah desa merupakan perpanjang tangan dari pemerintahan kabupaten, yang juga cerminan dari Kabupaten Kampar," kata Abdul Sadad.

Untuk diketahui, sosialisasi ini merupakan kegiatan utama tim pengabdian Unri di Desa Pangkalan Serik, dengan menghadirkan tiga pemateri yang merupakan dosen Program Studi Administrasi FISIP yakni Prof. Dr. Sujianto, M.Si, Syofian, S.Sos, M.Si, dan Abdul Sadad, S.Sos, M.Si. ***