SELATPANJANG - Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih (Paskibra) Kabupaten Kepulauan Meranti resmi dikukuhkan pada Kamis (15/8/2019) malam, bertempat di Ballrom Hotel Grand Meranti, Selatpanjang.

Pengukuhan oleh Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, juga hadir Ketua Komisi I DPRD Meranti Edy Masyudi S.Pd M.Si, Kabag Sumda Kompol. Areng Suwasono, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis SE MM, Danramil 02 Tebingtinggi Mayor TNI Irwan, Asisten III Sekda Meranti Drs. H Rosdaner, Danposal, Kepala Dinas Paspora Meranti Rizki Hidayat SSTp MSi, dan Jajaran Pejabat Eselon II, Kepala Bagian Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra SH serta unsur terkait lainnya.

Pengukuhan Pasukan Paskibraka HUT RI ke-74 Tahun 2019 dengan Upacara singkat yang diawali dengan Pengucapan Ikrar Putra Indonesia oleh Bupati Kepulauan Meranti diikuti oleh seluruh Paskibraka yang akan dikukuhkan, kemudian prosesi dilanjutkan dengan  pemasangan Sabuk (Kendit) oleh Bupati Drs. H. Irwan M.Si kepada 30 orang anggota Paskibra, kemudian Paskibraka yang dikukuhkan mencium sangsaka merah putih terakhir penandatanganan Ikrar Putra Indonesia oleh perwakilan Paskibraka Efna.

Usai melakukan pemasangan sabuk, Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti mengucapkan selamat atas terpilihnya anggota Paskibraka Meranti Tahun 2019, menurutnya para Paskibraka merupakan putra-putri terbaik Meranti.

Ads
Dikatakan Bupati anggota Paskibra merupakan pemuda pemudi pilihan dan merupakan duta Kepulauan Meranti yang diberi kepercayaan sebagai pengibar bendera merah putih, oleh karena itu bagi yang terpilih moment ini layak dibanggakan.

"Ini merupakan kehormatan bagi diri dan orang tua para Paskibraka," ujar Bupati Irwan.

Dijelaskan Irwan, para anggota Paskibraka merupakan pemuda-pemudi pilihan yang telah dilatih dan memiliki tubuh, fisik, kesehatan dan mental yang baik untuk melaksanakan tugas penting pengibaran sang merah putih.

Untuk itu Bupati Irwan berharap pelatihan yang telah diikuti dapat berguna bagi diri Paskibraka dalam menjalani kehidupan dimasa datang. 

"Jaga sikap dan prilaku dalam keseharian agar dapat menjadi contoh bagi generasi muda lainnya," harap Bupati Irwan.

Selanjutnya Irwan berpesan para anggota Paskibraka dapat menjadi generasi muda yang unggul, menguasa teknologi, memiliki integritas dan kepribadian yang baik serta bermental baja untuk berjuang demi kemajuan Meranti dimasa yang akan datang.

"Anggota Paskibraka jadilah ujung tombak persatuan dan kesatuan bangsa, berikan pengaruh positif bagi lingkungan dan pergaulan dimasyarakat, emban amanah dan kepercayaan dengan rasa tanggungjawab," ujarnya.

Terakhir Bupati Irwan mengucapkan terima kasih kepada para Instruktur yang telah melatih para anggota Paskibraka hingga siap menjadi pengibar sang merah putih.

Kegiatan pengukuhan Paskibraka Kepulauan Meranti Tahun 2019 yang berlangsung hikmat diakhiri dengan acara memperkenalkan diri masing-masing Paskibraka yang dikukuhkan kepada Bupati Meranti Drs. H. Irwan M.Si, Forkopimda, Pimpinan Instansi Vertikal dan seluruh hadirin yang hadir dan pemberian ucapan selamat dari Bupati, Jajaran Pejabat Pemkab Meranti serta pimpinan instansi vertikal kepada seluruh Paskibraka.***