SIAK - Jumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP) Virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Siak terus meningkat. Bahkan ada juga 3 orang warga negara asing (WNA) yang masuk dalam daftar ODP.

Tiga WNA ini diantaranya satu WNA asal Italia di Kecamatan Kerinci Kanan dan dua WNA asal Malaysia yang tinggal di Kampung Benteng Hulu Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak.

"Data hari Senin kemarin 56 orang yang masuk dalam daftar ODP ini, tapi hari ini untuk kecamatan Sungai Apit saja sudah ada 63 yang masuk daftar ODP. Untuk totalnya belum kita rekap. Tapi yang jelas ada 3 WNA," kata Alfedri usai video confrence bersama camat-camat, Selasa (24/3/2020).

Dijelaskan Alfedri, WNA asal Italia yang di Kecamatan Kerinci Kanan itu rencananya akan kembali ke negaranya namun tidak bisa. Karena istrinya orang Kerinci Kanan, maka dia kembali lagi ke Kerinci Kanan.

"Makanya kita minta kepada camat dan kepala pusat kesehatan masyarakat untuk mendatangi dan memantau. Kemudian meminta ODP tersebut agar melakukan isolasi secara mandiri," ujar Alfedri.

Selanjutnya jika memang tidak ada apa-apa agar dikeluarkan dari daftar ODP. Tapi kalau ada gejala maka akan menjadi pasien dalam pengawasan (PDP) dan dirawat lebih lanjut di rumah sakit.

Di daerah lain seperti Kecamatan Sabak Auh 16 orang dan Kecamatan Dayun ODP sebanyak 15 orang. Kecamatan Bungaraya 14 orang terdiri dari tujuh orang baru pulang dari Malaysia dan selebihnya dari luar daerah seperti dari Jakarta dan Bogor.

Di Kecamatan Pusako diketahui ada juga enam orang yang baru pulang dari luar negeri. Jumlah ODP kemungkinan masih bertambah lagi dari kecamatan-kecamatan di Kabupaten Siak.***