PEKANBARU - Citra satelit Terra dan Aqua pada hari ini, Jumat (14/2/2020), mendeteksi ada sebanyak lima titik panas (Hotspot) yang tersebar di Pulau Sumatera.

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Sanya Gautami mengatakan, bahwa lima hotspot tersebut terdeteksi di Provinsi Riau sebanyak tiga titik, serta Sumatera Barat (Sumbar) dan Sumatera Selatan (Sumsel) masing-masing satu titik.

"Adapun satu titik yang terdeteksi di Riau ini sendiri berada di Kabupaten Pelalawan, Siak dan Kota Dumai," kata Sanya di Pekanbaru, Jumat.

Lebih detailnya, kata Sanya, satu titik panas yang terdeteksi di Pelalawan berada di Kecamatan Teluk Meranti dengan level confidence 58 persen.

Lalu, satu titik di Kecamatan Tualang Siak berada di level confidence 53 persen dan satu titik di Kecamatan Sungai Sembilan Dumai berada di level confidence 67 persen.

Kendati demikian, jumlah titik api atau yang berada di level confidence di atas 70 persen pagi ini tidak terdeteksi. "Pagi tadi nihil," ujarnya. ***