BAGANSIAPIAPI - Berbagai upaya dilakukan masyarakat untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19) di Rokan Hilir, Riau. Seperti yang dilakukan warga Kepenghuluan Bagan Punak Meranti Kecamatan Bangko, Rohil, Riau hingga Rabu (8/4/2020).

Selama beberapa hari ini, warga sibuk melakukan penyemptotan disinfektan door to door di seluruh rumah penduduk, rumah ibadah dan fasilias umum di daerah tersebut.

Penghulu Bagan Punak Meranti, Nurmansyah didampingi Babinsa Serda Alpin dan Babinkamtibmas Gusmanto menyebutkan, sebagai tiga pilar desa atau kepenghuluan, pihaknya menyampaikan himbauan pesan pemerintah kepada masyarakat Bagan Punak Meranti.

''Bagan Punak Meranti memiliki dua dusun. Pertama Dusun Bulan Sabit, kedua Dusun Kampung Baru, dengan 4 RW dan 13 RT. Ada 584 kepala keluarga dengan total 1.235 jiwa,'' jelas Nurmansyah.

Dikatakan, himbauan pemerintah agar tidak bepergian berimbas kepada ekonomi masyarakat. ''Dari 1.235 jiwa atau 584 KK, semula PKH hanya 119 KK namun setelah didata ulang ada, ditambah hasil pendataan terbaru sesuai surat Bupati terkait Covid-19 data buruh lepas, becak, gerobak bertambah 284 KK kategori keluarga tak mampu menjadi 394 KK,'' terangnya Nurmansyah.

Untuk mengantisipasi virus Corona (Covid-19), tambah Nurmansyah, pihaknya bersama Babinsa dan Babibkamtibmas dan relawan sudah melakukan penyemprotan disinfektan. ''Dusun Kampung Baru sudah selesai penyemprotan, untuk Dusun Bulan Sabit baru di dua RT, yang lainya akan menyusul,'' kata Nurmansyah.

Penghulu Bagan Punak Meranti ini menyebutkan dengan keterbatasan, pihaknya merasa lega dan optimis atas dukungan Camat Bangko. ''Pak Camat Bangko, Rijalul Fikri SE turut berpartisipasi mendukung dan membantu disifektan,'' sebut Nurmansyah.

Saat berbincang dengan GoRiau, Nurmansyah mengingatkan warganya agar mematuhi dan mentaati himbauan Pemkab untuk mengurai aktifitas di luar, gemar cuci tangan dan menjaga kebersihan lingkungan. ''Mudah-mudah kondisi ini cepat berlalu,'' harap Penghulu Bagan Punak Meranti ini.

Kepenghuluan Bagan Punak Meranti merupakan daerah penyangga pintu masuk ke Kota Bagansiapiapi dimana berada di jalan lintas ke pusat pemerintahan Rokan Hilir dengan kawasan hutan berbatas Kota Dumai. ***