SELATPANJANG - Ambruknya tiang penahan ponton di Pelabuhan domestik Tanjung Samak, Kecamatan Rangsang, Kepulauan Meranti, Riau diakibatkan oleh kuatnya arus gelombang laut yang cukup kuat.

Akibat ambruknya tiang penahan ponton tersebut sehingga sempat membuat ponton terlepas dari dermaga pada Kamis (13/6/2019) sore.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kepulauan Meranti Dr Aready, melalui Kepala Bidang Sarana Prasarana (Sarpras) Syahril, Jumat (14/6/2019) mengatakan, ambruknya tiang penahan tersebut diakibatkan oleh kuatnya arus gelombang laut yang cukup kuat.

"Arus gelombang kuat tiang penahan tersebut jadi terlepas dan membuat ponton terlepas," ujar Syahril.

Syahril mengatakan, akibat kejadian itu, ponton sempat hanyut namun berhasil diselamatkan. Sedangkan untuk tiang penahan ponton sebanyak empat buah tenggelam.

"Ponton sudah kita amankan di sekitar anak sungai tidak jauh dari sekitar lokasi," ungkapnya.

Syahril mengakui bahwa arus gelombang di dermaga tersebut memang cukup kuat sehingga membuat tiang penahan tersebut terlepas. Walaupun demikian dirinya juga mengakui bahwa tidak ada korban jiwa atas peristiwa tersebut.

Akibat kejadian tersebut dermaga Tanjung Samak saat ini tidak bisa beroperasi sehingga harus dipindahkan ke tempat lain.

"Saat ini aktivitas di pelabuhan tersebut dipindahkan ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) untuk sementara waktu, yang lokasinya tidak jauh dari pelabuhan," pungkasnya.***