JAKARTA -- Direktur PT Indomarco Prismatama (Indomaret) Yan Bastian meninggal dunia di Tol Cipularang, Sabtu (16/10/2021). Yan tewas setelah mobil yang dikendarainya tertimpa truk kontainer.

Dikutip dari kompas.com, kabar meninggalnya Yan Bastian akibat kecelakaan di Tol Cipularang itu dibenarkan Marketing Director PT Indomarco Prismatama, Wiwiek Yusuf.

''Kami atas nama manajemen dan kayawan merasakan duka yang mendalam atas kepergian mendadak Pak Yan Bastian. Rekan kerja dan sahabat kami. Semoga arwahnya diterima di sisi Tuhan dan keluarga diberikan kekuatan,'' ujar Wiwiek dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Ahad (17/10/2021).

Wiwiek menuturkan, Yan Bastian meninggal dalam kecelakaan saat perjalanan kembali ke Jakarta bersama dengan keluarganya.

Jenazah Yan saat ini telah disemayamkan di Rumah Duka Heaven Atmajaya Jakarta. Sementara waktu proses pemakaman masih menunggu dari pihak keluarga.

Sosok Yan Bastian

Wiwiek mengatakan, Yan merupakan sosok yang gigih dan ramah terhadap siapa pun.

Ia mengatakan Yan adalah pengelola jaringan minimarket Indomaret. Kariernya di Indomaret dimulai sejak Indomaret berdiri tahun 1988.

Selama kariernya Yan memberikan kontribusi besar terutama dalam pengembangan dan penentuan produk yang dijual di Indomaret.

Kronologi Kecelakaan

Sebelumnya, Kanit Laka Satlantas Polres Purwakarta Ipda Jamal Nasir mengatakan, mobil SUV Hyundai yang tertimpa truk kontainer di Tol Cipularang, Sabtu sore, bermuatan 8 orang.

Lanjut Jamal, satu orang tewas, yakni pengemudi, tewas dalam kecelakaan itu, sedangkan tujuh lainnya mengalami luka-luka. Korban merupakan satu keluarga yang beralamat di Serpong, Kabupaten Tangerang Selatan.

''Di Hyundai delapan orang, pengemudinya yang meninggal, lainnya luka ringan dibawa ke RS Abdul Radjak. Mereka satu keluarga: mertua, anak, dan cucu,'' kata Kanit Ipda Jamal Nasir saat dihubungi detikcom, Sabtu (16/10/2021).

Sopir truk diamankan ke kantor polisi untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. ''Iya (diamankan),'' kata Jamal.

Jamal mengatakan, sebelum terguling, truk yang membawa peti kemas itu sempat oleng. Truk kemudian terbanting ke kanan dan menimpa Hyundai yang ada di sampingnya.

''Mobil (jenis) SUV tertimpa kontainer. Kontainer oleng, kemudian banting kanan dan terguling ke kendaraan di samping, ada Hyundai itu tertimpa,'' ujarnya.

Kecelakaan itu terjadi pada Sabtu (16/10) pukul 17.25 WIB. Proses penanganan berlangsung selama 3 jam dan selesai pukul 22.00 WIB.***