DOHA – Achraf Hakimi menjadi pilar Maroko di Piala Dunia 2022. Bek 24 tahun itu baru saja sukses menyingkirkan negara kelahirannya, Spanyol, di babak 16 besar.

Hakimi menjadi sorotan sebelum laga melawan Spanyol. Sebab, bek Paris Saint-Germain itu merupakan pemain yang lahir dan besar di Madrid.

Punya kesempatan mendapatkan paspor Spanyol, Hakimi nyatanya lebih memilih Maroko. Hal itu ia tegaskan di sesi konferensi pers.

Sebelum bertanding, Hakimi mengaku Spanyol memang tak terasa seperti rumah. Laga melawan Spanyol pun ia nanti-nanti, sampai akhirnya bisa menyingkirkan La Furia Roja.

"Saya berada di Las Rozas (markas latihan Timnas Spanyol) selama beberapa hari, tetapi saya tidak merasa betah," kata Achraf Hakimi kepada Marca.

"Bagi saya dan rekan-rekan, laga melawan Spanyol spesial sebab kami besar dan tumbuh di sana," katanya.

Saat bertanding, Hakimi membuktikan ucapannya. Melawan Spanyol pada babak 16 besar. Bertanding di Education City Stadium, Selasa (6/12/2022), Hakimi tampil penuh 120 menit untuk Maroko.

Laga Maroko vs Spanyol kemudian berlanjut sampai adu penalti, di mana Hakimi menjadi penentu kemenangan Maroko. Sepakannya yang mengirim masuk bola ke gawang Unai Simon, memastikan Spanyol tersingkir. Maroko menang 3-0 di babak tos-tosan.

Hakimi sendiri menjadi ironi bagi Spanyol, sebab pemain tersebut lahir dan besar di Spanyol. Ya, Hakimi lahir di Madrid pada 4 November 1998.

Hakimi kecil tumbuh besar di Spanyol. Pada usia 8 tahun, ia bergabung dengan akademi Real Madrid, yang menjadi klub pertamanya.

Ia membela Madrid sampai 2018, sebelum mulai berkelana ke Borussia Dortmund dan Inter Milan. Pada 2021, Hakimi kemudian pindah ke Prancis untuk membela Paris Saint-Germain sampai saat ini.

Achraf Hakimi selanjutnya akan memimpin Maroko di perempatfinal Piala Dunia 2022. Singa Atlas akan menghadapi Portugal di Al Thumama Stadium, 10 Desember mendatang.

Terakhir, Achraf Hakimi menikah dengan wanita Spanyol yang bernama Hiba Abouk. Hiba merupakan keturunan Tunisia dan Libya, namun besar di Spanyol dan jadi warga negara tersebut.

Mereka sudah dikaruniai dua putra yang lahir pada tahun 2020 dan 2022. Hiba berusia 36 tahun dan sudah lama menjalani profesi sebagai aktris serta model di Negeri Matador.***