JAKARTA - Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno akhirnya muncul di hadapan publik setelah sebelumnya diisukan diusir Calon Presiden Prabowo Subianto karena legowo menerima kekalahan Pilpres 2019.

Rabu kemarin (17/4), Sandi tidak tampak mendampingi Prabowo ketika mantan Danjen Kopassus itu beberapa kali memberikan keterangan pers.

Sore ini (Kamis, 18/4), Sandi mendampingi Prabowo saat deklarasi kemenangan paslon 02 Prabowo-Sandi di Jalan Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta.

Terlihat jelas ada suasana berbeda pada diri Sandi. Dia tampak pucat dan lebih banyak menundukkan kepala menyimak apa yang disampaikan Prabowo.

Ads
Pucatnya Sandi ini menguatkan pernyataan petinggi BPN sebelumnya bahwa dia tengah mengalami gangguan kesehatan dan masih perlu istirahat.

Prabowo sebelumnya menyatakan, paslon 02 Prabowo-Sandi telah memenangkan Pilpres 2019. Dia menyebutkan keunggulan pihaknya berdasarkan laporan real count dan rekapitulasi formulir C1 internal sebanyak 62 persen lebih.

Prabowo mengatakan, pihaknya punya alasan kenapa deklarasi disampaikan lebih awal. Yaitu, telah terjadi dugaan kecurangan di berbagai daerah di seluruh Indonesia.

"Kemenangan ini kami deklarasikan secara lebih cepat karena kami punya bukti-bukti bahwa telah terjadi usaha-usaha dengan berbagai ragam kecurangan yang terus terjadi," kata Prabowo yang didampingi Sandi dan petinggi BPN.***