PEKANBARU - DPRD Provinsi Riau menggelar rapat paripurna dalam rangka peringatan Hari Jadi ke 63 Provinsi Riau tahun 2020, Minggu (9/8/2020).

Rapat Paripurna DPRD Provinsi Riau pada pagi hari ini dipimpin langsung Ketua DPRD Provinsi Riau Indra Gunawan Eet bersama Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau Zukri Misran, Asri Auzar dan Haridanto, dari Pemerintah Provinsi Riau sendiri langsung hadir Gubernur Riau Syamsuar dan Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution.

Selain itu dihadiri juga oleh unsur Forkopimda Riau, Sekretaris Daerah Provinsi Riau, dan Pejabat Eselon II Jajaran Pemerintah Provinsi Riau.

Ketua DPRD Provinsi Riau Indra Gunawan Eet juga mengucapkan, tahniah hari jadi 63 Provinsi Riau, “Saya mewakili seluruh Anggota DPRD Provinsi Riau dan Jajaran staf Sekretariat, mengucapkan tahniah ke 63 Provinsi Riau,'' ungkapnya.

GoRiau

Protokoler Ketat

Sekretariat DPRD Riau menerapkan protokoler kesehatan ketat bagi para tamu undangan rapat paripurna istimewa dengan agenda Hari Ulang Tahun ke-63 Riau di ruang paripurna DPRD Riau.

Pantauan GoRiau.com, tampak panitia mewajibkan para tamu untuk memperlihatkan bukti telah menjalani rapid test sebagai syarat masuk ke dalam ruang paripurna.

Sementara rapid test antigen sudah disediakan panitia di depan komplek masjid Darul Abrar, yang mana Dinas Kesehatan sudah menempatkan petugas di bawah tenda.

Bagi yang sudah membawa bukti rapid test, diwajibkan mengisi absen di depan pintu masuk, dan di meja absen sudah disediakan hand sanitizer.

Tak hanya harus membawa bukti rapid test, panitia juga melakukan pemeriksaan metal detectordi depan ruang paripurna.

Sementara di dalam ruangan paripurna, tampak sejumlah anggota DPRD Riau bersama tamu undangan lain mengenakan baju teluk belanga dengan warna serupa antar instansi. Lengkap beserta tanjak dan songket.

GoRiau Suasana dalam ruang rapat pari
Suasana dalam ruang rapat paripurna.

Tampak pula, Gubernur Riau bersama dengan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) sudah memasuki ruang paripurna.
Hingga berita ini diturunkan, rapat paripurna sudah dimulai ditandai dengan nyanyian lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan tari persembahan.

Usung Riau Bermarwah

Gubernur Riau, Syamsuar menjelaskan alasan Pemerintah mengambil tema 'Riau Bermarwah' pada usia Provinsi Riau yang ke 63 ini di hadapan anggota DPRD Riau dan para hadirin rapat Paripurna Istimewa di DPRD Riau.

Dikatakan Syamsuar, peringatan HUT Riau pada tahun ini dirayakan dengan sangat sederhana dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, karena pada hari ini tidak ada upacara di Halaman Kantor Gubernur Riau, mengingat kondisi pandemi Covid-19.

GoRiau

"Namun, semangat Hari Jadi ke 63 tidak pernah luntur dalam sanubari kita. Tanah melayu yang kita banggakan ini," kata Syamsuar, Minggu (9/8/2020).

Di usia Riau yang ke 63 ini, lanjut Syamsuar, Riau tetap kokoh berdiri tegak dan sejajar dengan provinsi-provinsi lainnya di wilayah Nusantara.

Bermarwah, jelas Syamsuar, memiliki banyak pengertian seperti martabat, kehormatan, kemuliaan, dan pangkat tinggi. Jadi 'Riau Bermarwah' adalah Riau yang memiliki marwah, martabat, kehormatan, kemuliaan, dan pangkat tinggi.

GoRiau

Seiring perjalanan waktu, Riau tetap berdiri kokoh dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Maka, Syamsuar selaku kepala pemerintahan di Riau akan terus berupaya membangun 'Riau Bermarwah' dan memperbaiki segala kekurangan yang ada.

"Sejarah demi sejarah dan perjuangan dari tokoh-tokoh masyarakat Riau terdahulu telah menjadikan Provinsi Riau sebagai negeri yang berciri Melayu dengan beragam adat suku bangsa yang hidup dukung dalam satu kesatuan di NKRI," ulasnya. (advertorial)