PEKANBARU - Setelah sukses menggelar lomba baca kitab kuning di tingkat kabupaten/kota, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kembali menggelar Lomba Baca Kitab Kuning tingkat provinsi, Minggu (13/12/2020).

Lomba yang dilaksanakan di Pekanbaru ini menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Bahkan 176 peserta yang ada, mengikuti lomba via daring dari kantor DPD PKS di kabupaten/kota.

Di ruangan sendiri, hanya diisi oleh 50 orang, terdiri dari Anggota Fraksi PKS DPRD Riau, juri, panitia, dan undangan yang berasal dari pimpinan Pondok Pesantren di Pekanbaru sekitar 10 orang.

Lomba ini dibuka langsung oleh Ketua Fraksi PKS DPR RI,  Jazuli Juwaini, dihadiri oleh Ketua DPP Koordinator Wilayah Daerah (Wilda) Sumbagut sekaligus Ketua DPW PKS Riau, Hendry Munief, dan Ketua Fraksi PKS DPRD Riau, Markarius Anwar.

Peserta dari lomba yang dilaksanakan mulai pukul 8 pagi hingga malam ini, kata Markarius, merupakan mereka juara 1, 2 dan 3 lomba yang sama, diselenggarakan oleh Fraksi PKS DPRD kabupaten/kota.  

"Jadi, peserta hari ini sudah diseleksi di tingkat fraksi PKS DPRD kabupaten/kota, yang ikut itu yang juara 1 sampai 3. Untuk jumlah totalnya sekitar 176 orang," ujar pria yang biasa disapa Eka ini usai acara, Minggu (13/12/2020).

Pada peserta ini, jelas Eka, merupakan anak-anak muda yang berusia 17-25 tahun dan merupakan lulusan Madrasah Aliyah (MA) atau setingkatnya dan mendapatkan rekomendasi dari pimpinan Ponpesnya.

Peserta terbaik juara 1 hari ini, sambung Eka, berkesempatan mengikuti lomba baca kitab kuning di tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Fraksi PKS DPR RI.

"Untuk tingkat nasionalnya, akan mendapatkan hadiah yang cukup menarik. Hadiah utamanya umroh ke tanah suci, untuk juara dua Rp 28 juta, untuk juara tiga Rp 20 juta. Yang juara harapan akan dapat Rp 15 juta, Rp 10 juta dan Rp 5 juta," terangnya.

Adapun juara pertama lomba di tingkat provinsi ini adalah Aldi Saputra dari Pekanbaru, dengan perolehan nilai 191, kemudian juara dua oleh Said Muhammad Al Farisi dari Rokan Hulu dengan nilai 184. Untuk juara tiga adalah M Masyhudi dari Indragiri Hilir dengan nilai 176. 

Bagi yang juara satu mendapatkan hadiah Rp 7 juta dan mendapatkan tiket ke tingkat nasional, juara dua Rp 4 juta dan juara tiga Rp 3 juta.

Sedangkan juara harapan 1 adalah Mukhammad Abdul Jalil dari Rokan Hulu dengan nilai 174, diikuti Muhammad Aslam dan Muhammad Sa'ad dari Kampar dengan perolehan nilai 170 dan 168. Mereka berhak mendapat hadiah Rp 2 juta, Rp1,5 juta dan Rp 1 juta.***