BANGKOK -- Hatchai Niyomdecha, seorang nelayan miskin di Provinsi Nakhon Si Thammarat, Thailand, mendadak kaya raya gara-gara menemukan mutiara melo dalam tiram.

Dikutip dari detikcom yang melansir The Daily Mail, Jumat (5/2), saat Hatchai berada di pesisir pantai di Provinsi Nakhon pada 27 Januari 2021, ia tak sengaja melihat sebuah bola pelampung yang permukaannya ditempeli tiga tiram.

Hatchai tertarik mengambil tiram itu, kemudian ia memanggil saudaranya Worachat Niyomdecha untuk membantu mengambil tiram yang melekat di bola pelampung tersebut, lalu membawanya pulang.

Setelah dibersihkan, ternyata di dalam tiram terdapat mutiara oranye yang dikenal dengan sebutan mutiara melo.

Setelah dicek, mutiara cantik ini memiliki berat 7,68 gram. Berbeda dengan mutiara biasa, si bulat cantik ini diprediksi punya harga £ 250.000 atau setara Rp4,8 miliar.

Mengetahui kabar soal temuan mutiara langka ini, para tetangga Hatchai berbondong-bondong mendatangi rumahnya hanya untuk sekedar melihat mutiara melo.

Hatchai sendiri mengaku sempat bermimpi aneh sebelum akhirnya menemukan mutiara ini. Pria yang dikenal sebagai nelayan miskin ini menyebut ada seorang pria tua berpakaian serba putih yang mendatanginya. Pria tua dalam mimpinya ini, meminta Hatchai datang ke pantai untuk mengambil hadiah.

Ia percaya kalau pria tua dalam mimpinya ini adalah dewa yang ingin mengubah nasibnya agar terbebas dari kemiskinan dan memiliki hidup lebih baik.

''Saya ingin mempromosikan mutiara dengan nilai terbaik. Uang tunai tidak hanya akan mengubah hidup saya, tetapi juga harus mengubah masa depan saya. Seluruh keluarga saya bisa memiliki kehidupan yang lebih baik,'' kata Hatchai.

Hatchai memang berniat menjual mutiara ini untuk membantu perekonomian keluarganya. Hingga saat ini sudah ada 3 kolektor barang langka yang menemuinya dan berniat membeli mutiara ini.

Mutiara melo adalah mutiara ini berwarna jingga cerah dan diklaim sebagai mutiara dengan harga termahal di dunia. Mutiara melo adalah permata alami yang dihasilkan oleh spesies tiram laut besar yang umumnya dikenal sebagai melo.

Warna mutiara ini bervariasi, ada yang jingga, kuning atau coklat, tetapi mutiara warna jingga terang memiliki harga paling mahal. Mutiara melo tidak dapat dibudidayakan seperti mutiara lainnya. Hal inilah yang membuat mutiara ini langka.

Mutiara melo bisa ditemukan di Laut China Selatan, di perairan dangkal di lepas pantai Vietnam, Thailand dan Myanmar.***