RENGAT- Warga Desa Batu Rijal Hilir, Kecamatan Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau digegerkan dengan penemuan seorang anak berjenis kelamin laki-laki disebuah pondok kebun milik warga daerah itu.

Bocah yang diperkirakan masih berumur 8 tahun itu ditemukan warga sekitar sepekan yang lalu, tepatnya pada Rabu (9/12/2015). Warga yang menemukan diketahui bernama Rosnani (45). Saat ditemukannya, kondisi bocah malang itu dalam keadaan kotor dan linglung, sehingga sulit diajak berkomunikasi.

"Anak ini tidak bisu, namun kalau diajak bicara dia tidak mengerti, begitu juga sebaliknya, bicara anak ini juga sulit kita mengerti," ujar Rosnani kepada wartawan, Kamis (17/12/2015) di Pematang Reba.

Disebutkannya, dirinya sudah melaporkan soal penemuan anak itu kepada pihak Kecamatan Peranap dan pihak kepolisian sektor Peranap, namun lebih dari satu minggu, tak satupun orang yang mengaku kehilangan anak.

Selain itu sambungnya, saluran pencernaan anak ini mengalami gangguan, sehingga setiap kali buang air kecil dan besar selalu kesulitan. Agar tidak belepotan, setiap hari Rosnani harus memakaikan pempers (popok) terhadap anak itu.

"Saat saya temukan tidak ada tanda-tanda yang aneh pada dirinya, hanya saja, bagian matanya lebam dan dibagian belakang kepalanya terdapat benjolan. Dan setelah seminggu saya rawat, kondisinya jauh membaik," turnya menjelaskan.

"Saya sangat kesulitan untuk merawatnya, karena kehidupan saya sendiri adalah sebagai buruh cuci. Oleh karena itu, hari ini dan hingga seterusnya saya serahkan kepada pihak Dinsosnakertrans Inhu," terangnya.

Setelah penyerahan itu, Rosnani bersama dengan Dinsosnaketrans Inhu menitipkan bocah malang itu ke Panti Asuhan Jariah di Air Molek, Kecamatan Pasir Penyu. "Setelah dipanti asuhan, bocah malang ini bisa lebih terurus lagi," pungkasnya.***