JAKARTA - Klub Mitra Kukar harus mengakui keunggulan klub Johor Darul Ta'zim (JDT) dalam pertandingan uji coba perdana. Naga Mekes takluk empat gol tanpa balas di Stadion Tan Sri Dato' Haji Hassan Yunos, Larkin, Johor Bahru, Minggu (7/1/2018).

Meski kalah telak, pelatih Mitra Kukar Rafael Berges Marin, tetap memuji penampilan anak asuhannya. Menurutnya, Bayu Pradana dan kawan-kawan telah berjuang maksimal sepanjang pertandingan.

Selain itu, pria asal Spanyol tersebut mengaku timnya memetik pelajaran berharga dari partai uji coba tersebut. Ia juga mengaku harus ada perbaikan sebelum turun di kompetisi musim 2018.

"Saya tetap mengapresiasi permainan anak-anak yang telah bekerja keras selama pertandingan menghadapi tim sekuat JDT. Dari hasil uji coba ini tim akan terus berlatih untuk memperbaiki kelemahan tim," ujar Rafael selepas pertandingan. 

Dalam pertandingan ini, gelandang asing baru Mitra Kukar, Danny Guthrie dan dua pemain Timnas U 19, Muhammad Lutfi dan Muhammad Rafli yang tampil di babak kedua menunjukkan kualitasnya. Bahkan, Rafael menyebut kehadiran ketiganya zempat.merepotkan barisan pertahanan JDT.

"Setelah mereka masuk di babak kedua, permainan Mitra Kukar berubah dan mulai mengimbangi permainan JDT," ucapnya. 

Sementara CEO Mitra Kukar Endri Erawan, mengaku tidak kecewa dengan raihan negatif yang diterima ini. Ia pun berkeinginan pada laga uji coba kedua kontra JDT II pada 10 Januari mendatang, Naga Mekes dapat meraih hasil lebih baik.

"Enggak apa-apa kita belum bisa menang hari ini. Ini uji coba pertama. Skuat kita belum 100 persen lengkap. Sedangkan JDT sudah komplet semuanya," kata Endri.  

"Sisi positif dari laga ini, pelatih bisa melihat kemampuan seluruh pemain Mitra Kukar. Mudah-mudahan pada pertandingan kedua bisa lebih baik lagi," tambahnya. ***