TELUKKUANTAN – Wajah bahagia masyarakat Desa Setiang, Kecamatan Pucukrantau, Kabupaten Singingi (Kuansing), Riau terpancar ketika menerima bantuan Rp15 juta untuk pembangunan Masjid Nurul Iman. Bantuan itu diserahkan Plt Bupati Kuansing, Suhardiman Amby saat safari Ramadan pada Sabtu, 9 April 2022 di masjid tersebut.

Masyarakat bahagia mendapatkan bantuan, mengingat saat ini masjid tersebut sedang dalam tahap pembangunan. Biaya yang dibutuhkan sangat besar dan menjadi beban masyarakat. Kini, pemerintah hadir ikut berpartisipasi dalam pembangunan.

"Alhamdulillah, kami sangat berbahagia sekali dan mengucapkan terimakasih ke Pemkab Kuansing yang peduli dengan masjid kami," ujar Rasid Asmianto, Kepala Desa Setiang.

Dikatakan Rasid, pembangunan Masjid Nurul Iman mulai kembali dilanjutkan pada tahun 2022. Sebelumnya sempat terbengkalai karena kekurangan dana.

"Setelah adanya dana swadaya masyarakat, ditambah bantuan Pemda, alhamdulillah pembangunan bisa kita lanjutkan. Mudah-mudahan selesai tahun ini," ujar Rasid.

GoRiau Pemkab Kuansing salurkan bantu
Pemkab Kuansing salurkan bantuan pembangunan masjid tahun 2022.

Kebahagiaan dan rasa syukur juga dirasakan oleh masyarakat Kuansing penerima bantuan masjid tahun ini. Setiap kecamatan, ada empat hingga enam masjid dan surau yang mendapatkan bantuan dari Pemkab Kuansing.

Menurut Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kuansing, Sariman, tahun ini Pemkab Kuansing menyalurkan bantuan ke 44 masjid dan 31 surau.

"Untuk masjid, bantuan yang diberikan sebesar Rp15 juta per masjid. Sedangkan untuk surau sebesar Rp10 juta," ujar Sariman melalui Kasubag Kesos Setda Kuansing, Radha Kurnia Amal, Selasa (26/4/2022) di Telukkuantan.

Dengan demikian, total dana yang dikucurkan Pemkab Kuansing untuk rumah ibadah tahun ini sebesar Rp970 juta.

Dikatakan Radha, proses bantuan masjid tahun ini sudah dilakukan sejak tahun 2021. Dimana, proses pengajuan dilakukan satu tahun sebelumnya, kemudian dilakukan verifikasi. Setelah itu, baru ditetapkan masjid penerima.

"Nah, tahun ini kita salurkan. Secara simbolis telah dilakukan oleh Pak Plt Bupati saat safari Ramadan. Nantinya, uang ini akan langsung kita kirim ke rekening penerima," terang Radha.

GoRiau Suhardiman Amby menyalurkan ba
Suhardiman Amby menyalurkan bantuan masjid di Pulauaro, Kecamatan Kuantan Tengah.

Setiap tahun Pemkab Kuansing selalu menganggarkan bantuan hibah untuk pembangunan masjid. Hal ini sebagai bentuk komitmen dalam memajukan agama Islam.

Plt Bupati Kuansing, Suhardiman Amby saat menyerahkan bantuan menyatakan komitmennya dalam membantu masyarakat. Terutama dalam membantu pembangunan rumah ibadah.

"Masjid ini adalah milik kita. Karena itu, pembangunannya harus dilakukan secara bersama-sama. Pemkab Kuansing berkomitmen untuk itu," ujar Suhardiman.

Sebagai bentuk komitmen, lanjut Suhardiman, Pemkab Kuansing sudah menganggarkan dalam APBD setiap tahun. Begitu juga untuk APBD 2023, pihaknya akan menganggarkan untuk hibah masjid.

"Bagian Kesra, tolong seleksi betul-betul mana masjid yang akan dibantu. Kita prioritaskan masjid yang sangat membutuhkan," ujar Suhardiman.

Dengan adanya bantuan ini, Suhardiman berharap pembangunan masjid lancar hingga selesai. "Semoga bantuan ini dapat memberikan kelancaran dalam pembangunan."

"Kami menghimbau, kepada seluruh masyatakat, mari sama-sama, bahu membahu dalam membangun rumah Allah dan semoga bernilai pahala di sisi-Nya," ujar Suhardiman. (advertorial)