PEKANBARU – Ketua DPRD Riau, Yulisman, menyampaikan rasa dukanya atas meninggalnya tokoh fenomenal dari Provinsi Riau, Tabrani Rab, Minggu (14/8/2022).

Tabrani Rab sendiri menutup usianya Minggu (14/8/2022) sekira pukul 19.46 WIB di Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru. Kepergian tokoh perjuangan Riau ini memberikan luka yang mendalam bagi masyarakat Riau.

Dikatakan Yulisman, dirinya sudah mengenal Tabrani sejak masih aktif di dunia aktivis, terutama saat masa Orde Baru (Orba). Dimana, saat itu setiap upaya pergerakan selalu mendapat tekanan dari pemerintah.

"Peran beliau di dunia pergerakan sangat besar, apalagi berkaitan dengan kepentingan Riau. Kita kehilangan tokoh pejuang yang sudah berjuang sejak zaman Soeharto, hingga akhir hayat beliau berjuang untuk masyarakat Riau," ujar Yulisman.

Menurut Yulisman, sosok Tabrani tidak tergantikan di Riau, apalagi sikapnya yang kuat dan perkasa serta punya keberanian melawan pemerintah pusat saat itu.

"Tercatat dalam sejarah kontribusi yang sudah dibuat beliau untuk memperjuangan Riau dan hak Riau," jelasnya.

Yulisman berharap, apa yang dilakukan Tabrani bisa menjadi teladan bagi generasi muda Riau dalam kepentingan pembangunan daerah Riau kedepannya.

"Kita memang tidak akan bisa mendapatkan kembali tokoh penting sekaliber Tabrani, namun kita berharap kepada anak muda di Riau jadikan pelajaran dari perjuangan beliau," jelas Yulisman.

Doa Yulisman kepada almarhum semoga arwahnya diterima dan mendapat tempat yang mulia disisi Allah SWT, diterima segala amal ibadahnya, diampunkan segala dosanya.

"Kita doakan beliau dihindarkan dari azab kubur, dilapangkan, diterangkan dan dijadikan kuburannya laksana taman Syurga dan dimasukkan ke dalam Surga Firdaus," ujar Yulisman. ***