JAKARTA - Menko Polhukam Mohammad Mahfud MD hari ini memimpin rapat bersama sejumlah menteri dan lembaga terkait guna membahas pemgendalian Karhutla di Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Kamis (2/7/2020).

Sementara Gubernur Riau (Gubri) Drs H Syamsuar yang juga hadir rapat tersebut diberikan kesempatan pertama untuk memaparkan pengendalian Karhutla di Riau.

Informasi tersebut disampaikan Kepala Badan Penghubung Provinsi Riau di Jakarta, Erisman Yahya. "Pagi ini Gubernur Riau hadiri rapat koordinasi khusus (rakorsus) membahas masalah antisipasi kebakaran hutan dan lahan periode puncak kemarau 2020 bersma para menteri," ujar Erisman Yahya.

Masih kata Erisman, rapat tersebut selain Menko Polhukam juga dihadiri 26 kementerian dan lembaga terkait serta 12 gubernur dari berbagai daerah.

"Dan sesuai agenda rapat, Gubri Syamsuar diberi kesempatan pertama untuk memaparkan soal pengendalian karhutla di Riau. Setelah itu dilanjutkan paparan Gubernur Sumsel dan Kalteng," jelas Erisman.

Dilanjutkan Erisman, pada rapat tersebut Gubri Syamsuar hadir bersama Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau Mamun Murod dan Kepala BPBD Provinsi Riau Edwar Sanger.

Selain Gubri, juga diundang Gubernur Jambi, Sumsel, Kaltim, Kalsel, Kalbar, Kalteng, Papua, Jatim, Jabar, Jateng dan Gubernur Banten. Kepala BMKG, Kepala BNPB, Kapolri dan Mendagri juga akan menyampaikan paparan sesuai tupoksi masing-masing.

Namun demikian Erisman Yahya belum menjelaskan poin-poin apasaja yang disampaikan Syamsur terkait dengan penanggulangan bencana kebakaran lahan dan hutan di Riau.***