SIAK SRI INDRAPURA - Hilangnya Wartoyo (37) warga Kampung Teluk Lanus di Sungai Lakar Teluk Lanus, Kecamatan Sungaiapit, Kabupaten Siak, Riau saat memancing ikan dikaitkan dengan cerita mistis daerah tersebut.

Biasanya warga asli Teluk Lanus sangat paham adat istiadat serta kebiasaan masyarakat setempat. Sehingga jauh dari musibah seperti yang dialami Wartoyo.

Menurut Camat Sungaiapit, Wahyudi, korban yang diduga diterkam buaya ini telah melanggar satu pantangan di daerah tersebut. Padahal ia dari rumah hanya ingin memancing di sungai itu.

"Saat ini banyak pendatang baru di Tekuk Lanus, mungkin ada pantang larangan yang dilanggar, oleh karena itu kami berpesan kepada masyarakat terutama pendatang agar memahami adat istiadat Kampung Teluk Lanus," kata Camat.

Camat juga meminta masyarakat pendatang untuk berkomunikasi dengan penghulu ataupun sesepuh kampung tempat mereka tinggal.

"Khusus untuk yang melintasi Sungai dan Rawa di Sungai Lakar jangan takabur dalam berbicara serta dapat menjaga sikap sopan santun," sebut Camat.

Untuk orangtua, Camat berpesan agar melarang dan mengawasi anak-anaknya untuk tidak bermain ke sungai. "Kalau bisa dilarang dulu untuk main ke sungai," sebut Camat. ***