PEKANBARU - Mengatasi kendala minimnya anggaran yang dialokasikan pemerintah daerah, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Pekanbaru akan menggandeng beberapa perusahaan di Provinsi Riau untuk memaksimalkan hubungan serta dukungan melalui pola kemitraan.

Beberapa perusahaan yang hadir dalam rapat anggota tahunan KONI Pekanbanbaru, diantaranya Bank Riau Kepri, Chevron, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dan lain sebagainya.

Diundangnya pelaku dunia usaha tersebut ditujukan untuk melihat apa saja yang dikerjakan oleh KONI Kota Pekanbaru dan cabang olahraga, sehingga bisa bersinergi dalam mendukung olahraga berprestasi di Kota Bertuah.

Ketua Umum KONI Pekanbaru, Anis Murzil menuturkan, merangkul para mitra dengan melakukan kerjasama dapat membantu dalam hal anggaran.

"Dengan dunia usaha yang menyusun kerjasama bersama KONI pastinya akan sangat terbantu dan pembinaan atlet tetap berjalan," kata Anis, saat rapat anggota di Ballroom Hotel Resty Menara Pekanbaru, Rabu, (19/6/2019)

Sementara itu, Pemerintah Kota mendukung penuh program untuk menjadikan Pekanbaru sebagai barometer olahraga di Provinsi Riau. Asisten I Pemko Pekanbaru, Azwan, mengapresiasi usaha yang telah dilakukan KONI Pekanbaru dengan melakukan terobosan sejumlah kegiatan ditengah keterbasan anggaran.

"Seiring belum begitu membaiknya anggaran kita, maka diharapkan KONI dapat menyesuaikan, dan ini pun akan berimbas pada hibah ke KONI yang harus merasionalisasikan anggaran," kata Azwan.

Walaupun begitu, Azwan menyakini iven ini akan menjadi agenda tahunan, yang nantinya dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Pekanbaru.

Karena pada pelaksanaan iven di tahun yang akan datang tidak hanya skala Riau, tapi berskala nasional bahkan Internasional. ***