PADANG - Masyarakat Sumatera Barat (Sumbar) diminta waspada terhadap bahaya banjir dan longsor karena Sumbar sudah mulai masuk musim penghujan.

Hujan hampir merata turun di sejumlah wilayah di Sumbar sejak Senin (21/10/2019) malam. Diperkirakan musim penghujan di Sumbar akan sampai pada Januari 2021.

Dikutip dari Kompas.com, Stasiun Meteorologi Minangkabau, Sumatera Barat, Sakimin mengatakan, Sumbar lebih awal memulai musim penghujan dibandingkan daerah lain di Indonesia.

Hal itu disebabkan perbedaan topografi suatu daerah dan iklim global. "Kalau di daerah lain, seperti Jawa masih kemarau dengan suhu cukup tinggi. Sedangkan di Sumbar sudah memulainya," kata Sakimin yang dihubungi Kompas.com, Selasa (22/10/2019).

Sakimin mengatakan, untuk hujan diprediksi hari ini puncaknya di Sumbar dalam pekan ini. Untuk besok dan lusa, hujan ringan lebih berpeluang tinggi terjadi di Agam, Padang Pariaman, 50 Kota, Bukittinggi, Padang Panjang, Padang, Pasbar dan Pasaman.

Sementara itu, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar Rumainur mengimbau agar masyarakat Sumbar waspada terhadap bahaya banjir dan longsor.

"Sumbar sudah memasuki musim penghujan. Untuk itu, kita imbau warga agar waspada terhadap bahaya banjir dan longsor," katanya.

Untuk longsor, ada sejumlah titik yang perlu diwaspadai seperti di 50 Kota, Solok, Padang, Agam dan lainnya. (kpc)