TELUKKUANTAN – Iven pacu jalur kebudayaan di Tepian Lubuok Sobae Baserah tahun 2022 menyisakan 14 jalur melaju ke hari ketiga. Dari jumlah itu, hanya satu jalur tuan rumah yang berhasil mempertahankan marwah tuan rumah.

Adalah Sultan Sakti Bakuong Batuah Klinik Utama Malikha. Jalur kebanggaan masyarakat Desa Pulau Baru, Kecamatan Kuantan Hilir Seberang mamastikan diri lolos ke hari ketiga setelah mengalahkan jalur andalan Kabupaten Indragiri Hulu, yakni Tuah Keramat Sialang Soko.

Jalannya Perpacuan

GoRiau Kemenangan Bakuong atas Tuah K
Kemenangan Bakuong atas Tuah Keramat Sialang Soko di Tepian Lubuok Sobae. (foto: ist)

Pada putaran kedua, Sultan Sakti Bakuong Batuah berada di posisi jalan kiri. Sedangkan Tuah Keramat Sialang Soko berada di sebelah kanan. Kedua jalur berpacu pada hilir ke-13.

Pada pemanggilan pertama, kedua dan ketiga gagal, kedua jalur harus dilepas dengan 'start gantung'. Saat lepas landas dari pancang start, Tuah Keramat Sialang Soko langsung meninggalkan haluan dari Sultan Sakti Bakuong Batuah.

Memasuki pancang pemisah kedua, Sultan Sakti Bakuong Batuah nyaris putus oleh Tuah Keramat Sialang Soko. Kendati demikian, pemacu Bakuong tetap mendayung sekuat tenaga.

Usaha itu mulai membuahkan hasil. Bakuong mampu memperpendek jarak ketertinggalan. Pada pancang pemisah ke empat, Bakuong semakin memberikan perlawanan sengit. Hingga memasuki pancang pemisah kelima, Bakuong menyamanakan haluan.

Jelang beberapa meter menembus garis finish, jalur yang mendapat dukungan dari dr. Fahdiansyah ini mampu membuktikan sebagai salah satu jalur tercepat di Tepian Lubuok Sobae. Bakuong adalah jalur tua dengan kemenangan 'setipis kulit bawang' di hari kedua ini.

Berikut adalah jalur-jalur yang berhasil melaju ke hari ketiga:
1. Sijontiak Lawuik Pulau Tanamo dari Pulaujambu, Cerenti.
2. Dubalang Pengulu Rajo dari Pulaukopung, Sentajo Raya.
3. Tuah Ratu Panglimo Nago dari Peranap, Inhu.
4. Panah Ombak Sutan Mudo Indragiri dari Peranap, Inhu.
5. Tuah Inayan Mandulang Untuang dari Pulauaro, Kuantan Tengah.
6. 9 Langkah Putri Samudra dari Banjarbenai, Benai.
7. Lancang Kuning Rantau Kuantan dari Pulaupanjang Hilir, Inuman.
8. Singa Ngarai dari Pulaukalimanting, Benai.
9. Toduang Kuantan dari Tanahbekali, Pangean.
10. Untuang Sakato Tuah Nagori dari Tanjungmedan, Cerenti.
11. Putri Kayangan Danau Buayo dari Bandaralai, Kuantan Tengah.
12. Rajo Bujang dari Padangtanggung, Pangean.
13. Sultan Sakti Bakuong Batuah dari Pulaubaru, Kuantan Hilir Seberang.
14. Siposan Rimbo dari Pauhangit, Pangean.***