BENGKALIS - Dalam rangka perubahan alih status STAIN Bengkalis menjadi IAIN Datuk Laksemana, Bupati Bengkalis diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Andris Wasono menerima Kunjungan Tim Visitasi Kementerian Agama Republik Indonesia di lantai 3 Gedung Pembelajaran dan Layanan Mahasiswa STAIN Bengkalis, Kamis (2/3/2023).

Tim Visitasi yang berkunjung itu terdiri dari Staf Ahli Menteri Agama RI Bidang Administrasi dan Good Government Hasan Basri Sagala, Direktur PTKIN Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, Kepala Subbagian Tata Usaha Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI Muhammad Aziz Hakim dan Perencana Ahli Muda pada Seksi Bina Kelembagaan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Subdirektorat Kelembagaan dan Kerja Sama Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Farhatin Ladia.

Rombongan disambut hangat Ketua STAIN Bengkalis Prof. Dr. H. Samsul Nizar dengan dilakukan pemasangan tanjak dan diiringi shalawat. Mewakili Bupati, Andris menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan kehormatan Tim Visitasi Kementerian Agama RI ke Negeri Junjungan.

“Mudah mudahan pertemuan dan silaturrahmi ini dapat membawa kemajuan untuk Kabupaten Bengkalis, khususnya dalam mengembangkan Kampus STAIN Bengkalis menjadi salah satu perguruan tinggi yang unggul bertaraf internasional melalui keilmuan, keislaman dan keindonesiannya,” ujar Andris.

Lanjut Andris, perlu diketahui bahwa STAIN Bengkalis telah berupaya mengajukan proses alih status sejak tahun 2017 berdasarkan PMA Nomor 81 tahun 2022. Makanya hari ini, Sebagai daya dukung visitasi tersebut, kami Pemkab Bengkalis melalui STAIN Bengkalis telah mempersiapkan sesuatu yang diperlukan.

Di antaranya lanjut Andris, terkait restrukturisasi dan reorganisasi pada bidang keilmuwan maupun pada tata laksana manajerial yang menjadi kerangka bangun perguruan tinggi.

“Lalu telah dilakukan juga persiapan pembangunan beberapa gedung baru dan pemkab juga telah melakukan dana hibah kepada STAIN Bengkalis. Ini semua, merupakan bentuk keseriusan kami agar mimpi dan harapan perubahan status STAIN menjadi IAIN ini bisa terwujudkan,” tutup Andris.

Hadir Kakan Kemenang Bengkalis H Khaidir, Ketua LAMR Sofyan Said, Ketua MUI Bengkalis Amrizal, perwakilan Bank BRI Bengkalis Amin Pangestu, civitas akademika dan para dosen STAIN Bengkalis.***inf