PEKANBARU - Sebanyak 100 honorer kategori dua (K2) yang sudah dinyatakan lulus CPNS pada 2013/2014 di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, hingga kini masih menunggu kepastian kapan mereka akan diangkat menjadi PNS.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Republik Indonesia, Asman Abnur saat ditemui usai menghadiri acara rapat koordinasi nasional (Rakornas) camat se-Indonesia bagian barat di Hotel Aryaduta Pekanbaru pada Kamis (16/11/2017) pun, mengaku tidak mengetahui secara pasti apa kendala pengangkatan 100 honorer K2 tersebut.

"Nanti saya cek ke BKN. Karena Kemenpan hanya mengurusi kebijakan dan tidak mengurusi teknis," kata Menpan RB kepada GoRiau.com di Hotel Aryaduta Pekanbaru, Kamis sore.

Menurutnya, syarat pengangkatan CPNS di daerah itu hanya perlu melengkapi syarat administrasi dan teknisnya saja sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh BKN.

"Itu tergantung daerah, kan ada persyaratannya dari BKN. Tinggal teknis aja," tuturnya.

Untuk diketahui, Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman belum berani meneken berkas hasil verifikasi honorer K2 tersebut. Keraguan orang nomor satu di Riau itu pun beralasan kuat. Terlebih hasil verifikasi terhadap CPNS yang telah dinyatakan lulus tahun 2013/2014 tersebut didapati keganjilan. Yang mana, ada tujuh dari 100 orang honorer yang diragukan keabsahan datanya. ***