SIAK - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, memberikan penghargaan kepada Camat Kandis, Irwan Kurniawan pada acara Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) Camat wilayah Barat se-Indonesia, yang berlangsung di Hotel Arya Duta, Pekanbaru, Kamis (16/11/2017).

Kecamatan Kandis terbaik pertama pada Evaluasi Kinerja Kecamatan se Provinsi Riau tahun 2017 disusul Kecamatan Pasir Penyu, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) posisi kedua, dan Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) di posisi ketiga.

Kehadiran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tjahjo Kumolo, diacara yang mengangkat tema, 'Peran Strategis Camat Sebagai Inovator Pelayan Publik dan Pembina Serta Pengawas Penyelenggaraan Pemerintahan Desa', ini juga dihadiri sekitar 500 para camat se Indonesia.

Mendagri Tjahjo Kumolo saat memberikan arahannya mengatakan, sesuai arahan Presiden agar dana desa minimal 20 persen digunakan dalam bentuk padat karya yang bertujuan agar mendorong geliat ekonomi di desa.

Januari tahun 2018 Presiden akan monitoring dana desa ke beberapa desa di beberapa Kabupaten se Indonesia, dan akan ada upaya peningkatan peran strategis camat terutama kewenangan atributif Camat.

Camat sebagai koordinator pemberdayaan masyarakat, koordinator penerapan perda, koordinator pemerintahan, trantibum, pelayanan umum, Binwas Desa dan urusan yang tidak dilaksanakan perangkat daerah. Tingkatkan kewaspadaan dan antisipasi gerakan radikal dan terorisme.

"Saat ini ada 359.830 ormas se Indonesia. Cermati dan bantu upaya untuk mengatasi berbagai kesenjangan sosial karena masih banyak penduduk miskin di desa-desa, upayakan terus validasi masyarakat yang tidak mampu. Camat juga harus mampu mengawasi pengunaan dana desa yang telah dikucurkan dari APBN dan APBD," tegas Tjahjo.

Cermati zona rawan bencana dan narkoba, kemudian tingkatkan pelayanan publik dengan menciptakan inovasi-invasi yang tujuannya mempermudah pelayanan masyarakat di daerahnya, serta upaya peningkatan peran strategis camat jangan seperti ada dan tiada.

Sementara Itu Wakil Bupati Siak Alfedri yang turut menghadiri Rapat Kerja Nasional para Camat itu, seusai acara saat ditemui mengatakan, merasa bangga, dan mengapresiasi keberhasilaan ini.

"Penghargaan yang di raih oleh Camat Kandis Irwan Kurniawan ini harus menjadi motivasi bagi para camat Kabupaten Siak yang lain. Berlomba meningkatkan pelayanan publik didaerahnya masing-masing," katanya.

Alfedri menambahkan, Rakornas ini sangat bagus, tujuannya bagai mana kita mengetahui tugas dan fungsi sebagi seorang Camat, serta untuk memberikan pembekalan, pengetahuan, guna meningkatkan kafasitas pengetahuan dan wawasan Camat dalam melaksanakan tugas-tugasnya sehari-hari.***