PEKANBARU - Situs resmi milik Kepolisian Daerah (Polda) Riau, yakni riau.polri.go.id jadi korban Hacker, Jumat (12/5/2017). Di Page utama, muncul foto wajah Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dengan menggunakan jas hitam.

Di situs itu tertulis Indonesia Defacer Was Here, sementara di bawahnya terpajang foto Ahok mengenakan jas hitam berdasi belang-belang, lengkap dengan kata-kata "Give His All To His Country - Guilty And Sentenced 2 Years In Jail" dengan tinta putih.

Kemudian dilengkapi dengan kata-kata "RIP Justice In My Country, karena kebenaran tidak selalu berujung baik". "Biar mereka semua tau siapa Penista yang sebenarnya" yang ditulis dengan warna merah menyala. Ada juga alamat kontak facebook.

Kabid Humas Polda Riau Kombes Guntur Aryo Tejo membenarkan terkait dihackernya situs resmi tersebut. Ia memastikan, hal itu tidak berdampak terhadap Polri di Provinsi Riau. "Kita sudah cek dan memang benar, namun tidak berpengaruh," ungkapnya.

Guntur yang diwawancarai GoRiau.com (GoNews Grup) di ruangannya, Jumat sore melanjutkan, situs riau.polri.go.id ini sekarang dalam posisi tidak aktif alias jarang digunakan. "Cuma itu memang jarang aktif dan tidak digunakan lagi," sambung dia memastikan.

"Kita kan sekarang bukan pakai itu lagi (riau.polri.go.id) karena sudah gunakan yang baru, yaitu tribratanews. Itu yang aktif dan situs resmi kita yang baru," lanjutnya. Hingga berita ini dimuat, situs tersebut masih lumpuh.

Meski demikian, pihaknya akan melakukan pengecekan, siapa yang melakukan peretasan tersebut. "Pasti, kita ada IT dan mereka akan cek langsung," tegasnya. Selain situs ini, beberapa website lainnya juga mengalami kasus serupa, termasuk milik media.***