JAKARTA - Ketua BPO Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Oesman Sapta Odang (OSO), menyinggung helatan Debat Cawapres/Debat Ketiga Pilpres 2019 saat berpidato di Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) HKTI yang digelar di Hotel Win Premier, Taman Sari, Jakarta, Senin (19/03/2019).

OSO, bertanya pada seluruh peserta Rakornas soal siapa yang unggul dalam debat yang berlangsung pada Minggu (18/03/2019) malam.

"Maruf Amin!" teriak para peserta Rakornas.

"Memang kalian cerdas," ujar OSO menanggapi.

Ia kemudian mengutarakan penilaiannya terhadap debat tersebut. Cawapres nomor urut 01, Maruf Amin, tak disangkanya bisa menampilkan performa yang Ia kategorikan 'baik' tersebut.

"Kalau umur bisa dibohongin, tapi kalau jam terbang itu nggak bisa dibohongin," ujar OSO memuji Maruf Amin.

Seperti diketahui, Maruf Amin memang terbilang senior dalam kancah politik nasional. Meski lebih dikenal sebagai ulama, Maruf pernah menjadi pilitisi andalan PKB di Senayan.

Dalam rakornas itu, HKTI juga menyatakan sinyal dukungan politiknya. Ratusan orang yang hadir, serempak mengacungkan jari telunjuk pertanda dukungan terhadap Paslon nomor urut 01, Jokowi-Amin.

OSO yang menjabat Ketum partai Hanura dan kini berada dalam koalisi politik Jokowi-Amin itu memastikan, pihaknya tengah konsisten dalam memberi dukungan kepada Jokowi, agar petahana itu lanjut ke periode kedua."Kita akan selalu bersama pemerintah yang sekarang," ujar OSO.***