JAKARTA - Sebuah aplikasi karya anak bangsa, SiBudi, hadir menjawab kebutuhan digital untuk sekolah. Sebagaimana kepanjangannya, yakni Sistem Informasi Sekolah Berbasis Digital, SiBudi diharapkan menjadi solusi administrasi dan manajemen sekolah dengan berbagai modul terintegrasi dan multi user sehingga bisa diakses langsung oleh siswa, guru, orang tua, dan pihak sekolah.

Terlebih, SiBudi dirancang untuk efisiensi dan efektivitas dalam dunia pendidikan, mudah diakses dari mana saja--selama tersedia jaringan internet--, dan kapan saja.

Aplikasi karya Sentral Media Nusantara ini diklaim mudah digunakan lantaran menggunakan sistem cloud based, di mana semua pengguna bisa mengakses SiBudi secara bersamaan dari mana dan kapan saja.

SiBudi juga menciptakan efisiensi waktu dan biaya. Dengan sistem ini, banyak proses dan administrasi sekolah dilakukan secara digital sehingga hemat kertas (papperless), juga menghemat waktu maupun tenaga.

Di sisi lain, data juga diklaim akan tersimpan dengan aman dan akan auto backup jika data hilang maupun rusak. Sistem ini juga fleksibel dan memungkinkan untuk kustom (customized) yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing sekolah dan siswanya.

Direktur di Sentral Media Nusantara Ivan S yang dihubungi Jumat (14/5) mengatakan bahwa dengan SiBudi, siswa bisa dengan mudah mengakses informasi kegiatan sekolah, informasi seputar mata pelajaran, juga memudahkan siswa mengerjakan dan mengumpulkan tugas secara online, dan menjadikan konseling atau komunikasi dengan pihak sekolah lebih mudah.

Sentral Media Nusantara mengatakan, SiBudi bisa mengirimkan notifikasi mengenai presensi siswa, informasi nilai akademik, sarana komunikasi dengan pihak sekolah, pembayaran biaya pendidikan secara online, pembaruan pengumuman dari sekolah, hingga donasi untuk kegiatan amal sekolah.

Sementara bagi guru, aplikasi ini akan menjadi media untuk membuat dan membagikan jadwal pelajaran, presensi dan data report realtime, input nilai siswa, memberikan tugas hingga pembelajaran online melalui aplikasi, dan sarana komunikasi dengan orang tua murid dengan mudah.

Selain itu, perusahaan juga mengungkapkan bahwa SiBudi bisa meningkatkan efisiensi SDM sekolah, manajemen data sekolah menjadi tertata rapi, bisa untuk menyajikan laporan perkembangan pengajar dan siswa sebagai parameter penilaian pembelajaran, mengelola SDM dan manajemen keuangan dalam satu aplikasi, serta melakukan pembaruan dan edit data sekolah kian mudah dan cepat.

Secara garis besar, SiBudi menyediakan fitur School Academic System yang terdiri dari E-Learning yang memungkinkan untuk online quiz, online test, remidi, hingga bank soal yang bisa diakses langsung melalui aplikasi.

Pada fitur ini juga ada Modul Pembelajaran, yang memungkinkan pihak sekolah menyajikan modul pembelajaran berbasis cloud yang bisa diakses dari mana dan kapan saja, kemudian Jadwal Belajar, Konseling Siswa, dan TemuOn video conference untuk pembelajaran jarak jauh maupun pertemuan (meeting) online.

Lalu fitur Shcool Information System yang memungkinkan siswa melakukan presensi dengan pemindai sidik jari (Presensi Fingerprint), Scroring atau rekapitulasi nilai, transkrip nilai hingga raport digital bisa diakses melalui aplikasi dan didistribusikan ke akun orang tua murid.

Pada bagian ini juga ada fasilitas Informasi Sekolah yang memudahkan pihak sekolah menyampaikan berita dan informasi terkini yang bisa didistribusikan langsung melalui aplikasi. Melalui aplikasi ini, komunikasi menjadi lebih mudah antara para pihak baik guru, orang tua, dan murid melalui fitur chat.

Fitur utama terakhir adalah School Management System, di mana data pegawai atau guru dan siswa bisa dikelola dengan mudah serta hak akses yang mudah dengan fitur yang saling terintegrasi.

Di bagian ini, sekolah juga bisa mengelola dan memantau seluruh akses sekolah dengan mudah dan realtime. Masih di bagian ini, ada E-Library yang menyajikan mengenai data buku, pengembalian buku, sistem denda, pencarian buku dan juga pemesanan buku di perpustakaan sekolah.

Bagian dari fitur SiBudi yang tak kalah penting adalah PPDB, yang memungkinkan sekolah mengimplementasikan pendaftaran peserta didik baru secara online, pengumuman penerimaan siswa baru secara realtime, hingga pendistribusian siswa ke kelas dapat diatur melalui aplikasi.

Terakhir adalah Payment & Cashflow. Fitur ini memungkinan pihak manajemen sekolah mengatur tagihan keuangan siswa hingga penerimaan pembayaran secara online, mengelola arus kas (cashflow), donasi dari orang tua murid, yang semuanya terintegrasi dengan payment gateaway.

Sentral Media Nusantara juga membuka permintaan demonstasi aplikasi dengan mengunjungi laman www.sentralnusa.com atau kontak ke +62 85641132810 dan +62 21 39702088. ***