DUMAI - Setiap hari, sedikitnya 20 warga Dumai memeriksakan kejiwaannya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Dumai. Banyaknya pasian kejiwaan itu, mendorong RSUD membangun bangsal jiwa.

''Paling lambat, April 2019, bangsal jiwa ini sudah bisa digunakan,'' ujar Kepala RSUD Dumai, dr Ferianto, Kamis (10/1/2019).

Pembangunan bangsal itu menggunakan APBD mengingat RSUD merupakan Badan Layanan Umum Daerah.

Ferianto juga mengatakan, pembangunan bangsal jiwa tersebut dilakukan dengan cara merombak ruangan bekas kebidanan. ''Ruangan tersebut nantinya bisa menampung empat orang pasien yang dirawat,'' katanya.

Ads
Pembangunan tersebut dikatakannya merupakan tuntutan dari kementrian kesehatan mengingat Kota Dumai jauh dari kota Pekanbaru yang terdapat rumah sakit jiwa. ''Ini juga merupakan program Dinas Kesehatan kota Dumai untuk peningkatan kesehatan jiwa, sehingga pembangunan Bangsal Jiwa ini bentuk dukungan dari RSUD Dumai,'' katanya kembali.

Dijelaskannya juga, ruangan khusus yang memiliki terali besi ini akan bisa digunakan paling lambat bulan April 2019 mendatang. ''Untuk saat ini sudah ada satu orang dokter yang menangani terkait kejiwaan, dimana dalam satu hari bisa terdapat 20 hingga 30 pasien yang berobat,'' katanya mengakhiri. ***