DUMAI - Tim SAR gabungan menjemput enam orang awak kapal Hasima Jaya yang tenggelam di Selat Karimata, Provinsi Bangka Belitung. Keenam orang awak kapal pengangkut buah-buahan tersebut ditemukan oleh kapal tangker Seroja XV yang berlayar dari Sampit Kalimantan Tengah, menuju Pelintung Kota Dumai.

"Saat itu mereka tengah terombang ambing di laut dikarenakan kapalnya karam," kata Handoko kepada GoRiau.com, Kamis (5/9/2019).

Dijelaskannya, penemuan enam ABK kapal kayu Hasima Jaya terjadi pada Senin (2/9/2019) sekitar pukul 10.00 WIB. "Setelah kita selamatkan dan kita bawa ke Kota Dumai,'' katanya kembali.

Dikatakan Kapten KN 218 Basarnas Pekanbaru, Leni Tadika, pihaknya beserta KSOP kelas 1 Dumai, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan Satpolair Polres Dumai langsung melakukan penjemputan awak kapal tersebut ke tangker yang melakukan penyelamatan.

"Setelah kita mendapatkan informasi, kita langsung bergerak untuk melakukan penjemputan untuk dibawa ke dermaga lokal Dumai," kata Leni Tadika kepada GoRiau.com

Herry Joss Purwanto Purba, Kasi Penjagaan, Patroli dan Penyidikan (P3) KSOP Kelas I Dumai, mengatakan pihaknya bersama tim SAR gabungan langsung mengambil tindakan melakukan pendataan terhadap seluruh crew yang selamat.

"Mereka awak kapal yang berlayar dari Pontianak menuju ke pulau Bangka, Bangka Belitung," kata Harry.

Sebelum sampai ke dermaga dan diserahkan ke Dinas Sosial Kota Dumai, seluruh awak kapal juga diperiksa kesehatannya oleh KKP Dumai.

"Alhamdulillah seluruh crew kapal dalam kondisi sehat dan tidak ada yang terluka, tetapi mereka masih mengalami trauma, " kata kepala Kantor KKP Dumai, Efrison. ***