PEKANBARU - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Republik Indonesia, Asman Abnur memastikan bahwa pihaknya akan mengakomodir formasi rekrutmen pegawai baru sesuai kebutuhan daerah.

"Rekrutmen akan dilakukan sesuai kebutuhan dan bukan keinginan, misal daerah sekarang kurang pegawai di bidang apa saja, yang detail," urai Menpan RB kepada GoRiau.com ketika ditemui usai menghadiri acara rapat koordinasi nasional (Rakornas) camat se-Indonesia bagian barat di Hotel Aryaduta Pekanbaru, Riau, Kamis (16/11/2017).

Misalnya, Asman menuturkan, kebutuhan di bidang sipil kekurangan arsitek, bidang pertambangan kekurangan tenaga ahli dan pertanian kekurangan bagian apa.

"Sesuai kebutuhan, detail sesuai beban kerja. Jadi tidak secara gelondongan lagi," ujarnya.

Ketentuan berikutnya, Menpan RB akan melihat terlebih dahulu seberapa besar belanja pegawai daerah. Jika belanja pegawai melebihi 50 persen dari total APBD, Menpan RB akan menolak usulan perekrutan CPNS tersebut.

"Saya lihat dulu berapa belanja besar daerah, untuk pegawai masih di atas 50 persen nggak. Kalau nggak di atas 50 persen baru akan saya setujui," tandasnya. ***