JAKARTA - PP Perbasi hanya berstatus sebagai pelaksana teknis di lapangan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2020. Makanya, PP Perbasi menyerahkan kepada KONI Pusat dan KONI Daerah Jambi terkait  mundurnya Tim Bolabasket Putri Jambi dari pertandingan cabang olahraga (cabor) PON XX. Alasannya, KONI Pusat dan KONI Jambi yang bertanggung jawab atas keikutsertaan kontingen di PON.

"Kami tidak tahu apa alasan Jambi hingga akhirnya tidak jadi turun di PON Papua. Di PON Papua, kami hanya sebagai pelaksana teknis. Terkait persoalan ini KONI Pusat dan KONI Daerah lah yang lebih paham," jelas Ketua Umum PP Perbasi, Danny Kosasih.

Sebagaimana diketahui, awalnya Jambi masuk dalam Pool Y untuk bolabasket 5x5 kategori putri. Di sana ada tuan rumah Papua, Sulawesi Selatan, dan DKI Jakarta. Sedangkan di Pool X ada Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, dan Jawa Tengah. Dengan mundurnya Jambi, maka tiket semifinal Pool Y akan diperebutkan Papua, DKI Jakarta, dan Sulawesi Selatan.

Pool Y akan memulai pertandingan pada Kamis (30/9/2021) di Mimika Sport Center. Mempertemukan antara Sulawesi Selatan melawan DKI Jakarta. Sedangkan pertarungan cabang olahraga bolabasket 5x5 akan dimulai pada Rabu (29/9/2021) dengan mempertemukan Bangka Belitung melawan Sulawesi Utara dari Pool B kategori putra.

Untuk kategori putra 5x5, diramaikan selain Sulawesi Utara dan Bangka Belitung, di pool B juga ada Bali, Jawa Timur, dan Papua. Sedangkan di Pool A ada Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten, Kalimantan Selatan, DKI Jakarta. Pertandingan akan berlangsung hingga Sabtu (9/10/2021) untuk menentukan peraih medali di cabang bolabasket 5x5.

Selesai di 5x5, kemudian pertandingan berlanjut 3x3. Untuk bolabasket 3x3 akan berlangsung mulai 12 Oktober dengan pertandingan DKI Jakarta melawan Kalimantan Barat dari pool A sebagai laga pembuka. Pertandingan akan berlangsung hingga 14 Oktober untuk mengetahui peraih medali dari bolabasket 3x3.

Untuk peserta dari 3x3 tidak ada perubahan. Pool A kategori putera diisi Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Papua, dan Jawa Tengah. Kemudian di Pool B ada Jawa Barat, Riau, DKI Jakarta, dan Sumatera Utara. Selanjutnya Pool A Putri dihuni DKI Jakarta, Sumatera Barat, Papua, dan Kalimantan Barat. Adapun Pool B dan Bali, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Sulawesi Selatan.

"Untuk pelaksanaan kita harapkan seluruh panitia dan peserta bisa saling support dalam pelaksanaan pertandingan PON ini agar PON ini bisa sukses secara penyelenggaraan," terang Wakil Ketua Umum PP Perbasi Bidang Pembinaan Prestasi George F. Dendeng. ***