BANGKINANG - Sepasang buaya muncul di Sungai Kampar tepatnya di Desa Pangkalanbaru, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau.

Dari penjelasan Camat Siak Hulu, Fajri kepada GoRiau.com, Rabu (17/7/2019) melalui telepon selulernya sepasang hewan reptil buas ini sering muncul di perairan dan di pinggiran sungai sedang berjemur.

"Iya benar. Dari keterangan warga melihat sepasang buaya ini muncul di perairan 5 hari yang lalu. Terakhir muncul Selasa kemarin sedang berjemur di pinggir sungai," kata Camat.

Untuk itu, Camat Fajri imbau warga yang beraktivitas di sungai agar berhati-hati. Jika tidak ada kepentingan tak usah ke sungai.

Ads
"Bagi warga seperti nelayan di Sungai Kampar Desa Pangkalanbaru ini lebih meningkatkan kewaspadaan. Jika rasanya tidak ada kepentingan ke sungai, saya harapkan tak usah dulu ke sungai," ujarnya.

Ia juga menyebutkan, papan himbaun ini pun telah terpasang di beberapa titik. Maupun himbaun di mesjid yang ada di Desa Pangkalanbaru agar masyarakat tidak terlena.

"Karena kita khawatir, sepasang buaya ini bertelur. Jadi jika bertelur, otomatis buaya ini masih agresif. Makanya kita minta di mesjid-mesjid mengingatkan setiap hari, agar nanti masyarakat tidak terlena. BBKSDA Riau pun kemarin sudah turun," ucapnya.

Camat Siak Hulu ini menambah, besar buaya ini kisaran 4 meter. "Dari laporan warga, sepasang buaya ini lumayan besar. Kisarannya 4 meter," ungkapnya. ***