PEKANBARU - Perayaan Cap Go Meh yang menjadi rangkaian kegiatan dan juga puncak perayaan tahun baru Imlek 2569 yang digelar di Kampung Tionghoa Melayu (KTM), Jalan Karet, Kota Pekanbaru, Riau, Sabtu (3/3/2018) malam berlangsung meriah.

Meski sempat diguyur hujan, namun ratusan masyarakat Kota Pekanbaru dari berbagai etnis tetap antusias mengikuti dan menyemarakkan perayaan malam ke-15 dimulainya tahun baru imlek 2569 (dialek hokkien) di 'Chinatown' Pekanbaru tersebut.

Ketua Panitia Imlek Bersama 2018, Widjadi Nauli Basa yang diwakili Panitia Perayaan Cap Go Meh, Johan Huang menuturkan kegiatan perayaan Cap Go Meh 2569 ini mengusung tema semangat bhinneka tunggal ika untuk membangun Indonesia yang sejahtera dan harmonis.

"Dengan semangat bhinneka tunggal ika, perbedaan yang ada akan menjadi kekuatan kita untuk membangun bangsa Indonesia menjadi lebih baik, sejahtera dan harmonis. Perayaan Cap Go Meh ini kita gelar untuk seluruh masyarakat," ucapnya.

Sementara itu, Siswadja Muljadi yang akrab dengan panggilan Aseng juga turut hadir dalam perayaan Cap Go Meh di KTM. Ia pun mengungkapkan dari tahun ke tahun, perayaan Cap Go Meh di KTM berlangsung meriah.

"Dari tahun ke tahun, perayaan Cap Go Meh di Kota Pekanbaru semakin semarak. Kita harapkan untuk tahun-tahun berikutnya perayaannya akan lebih meriah lagi," tutur anggota Komisi E DPRD Riau tersebut.

Memeriahkan perayaan Cap Go Meh, berbagai hiburan lagu-lagu dan tarian oriental bernuansa imlek disuguhkan. Acara hiburan pentas seni ini ditampilkan oleh pelajar dari sejumlah sekolah di Kota Pekanbaru.

Meski atraksi barongsai patok yang rencananya akan ditampilkan dari ormas Himpunan Tjinta Teman (HTT) batal digelar karena resiko cukup tinggi akibat kondisi jalan licin setelah diguyur hujan, ratusan masyarakat tetap antusias mengikuti perayaan Cap Go Meh hingga selesai dengan meriahnya pesta kembang api.

Selain itu, sejumlah hiburan lainnya untuk masyarakat yaitu berfoto bersama Dewa Rezeki (Chai Shen Ye) dan barongsai, tarian Dewi Kuan Im berlengan seribu, serta masyarakat juga bisa ber-selfie Riau dibawah 1.088 lampion yang terpasang disepanjang Jalan Karet, Kota Pekanbaru.

Pada perayaan Cap Go Meh tadi malam juga turut dihadiri oleh Ketua PSMTI Riau Peng Suyoto, Asisten III Pemko Pekanbaru Baharudin, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto serta hadirnya pasangan Koko/Cici Nasional 2016.***