PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau Edy Nasution usai Apel Perdana Usai Cuti Bersama, Senin (10/6/2019), melakukan razia terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) yang masih sarapan di kedai kopi.

Dari pantauan GoRiau.com, ada delapan kedai kopi yang disambangi Edy Nasution didampingi Asisten I Setdaprov Riau Ahmad Syah Harrofie, Kepala Satpol PP Riau Zainal Z, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Riau Ikhwan Ridwan, dan Kepala Badan Kesbangpol Chairul Riski.

Kedai kopi yang disambangi Edy Nasution, yaitu Kuantan Jaya Jalan Setiabudi, Lilyana Jalan Sutomo, Laris Jalan Karet, Massa Kok Tong Jalan Arifin Ahmad, Hokki Jalan HR Soebrantas, Coffeetoo Jalan Arifin Ahmad, Sari Rasa Jalan Sudirman, dan Suli Jalan Belimbing.

Saat dirazia oleh Edy Nasution terlihat sejumlah ASN di Kedai Kopi Lilyana lari menyelamatkan diri menghindar agar namanya tidak dicatat oleh Walpri dan Satpol PP Provinsi Riau. Ada sekitar 30 catatan nama-nama ASN yang terjaring razia tersebut diserahkan ke Badan Kepegawaian Daerah Riau untuk dilakukan sanksi.

Edy Nasution mengatakan kepada GoRiau.com, sangat kecewa dengan hasil temuannya. Dimana dirinya sudah berulang kali mengingatkan ASN untuk tidak nongkrong atau pun sarapan saat jam kerja.

"Kita sebagai ASN melayani masyarakat. Berulang kali saya mengingatkan dalam berbagai kesempatan. Masih juga saya temukan ada ASN yang nongkrong di kedai kopi saat jam kerja," kata Edy Nasution.

Esy Nasution mengatakan untuk menegakan disiplin dan aturan memang tidak mudah dan banyak yang tidak menyukainya. Untuk itu perlu diberikan kesadaran untuk disiplin kepada ASN dan THL (Tenaga Harian Lepas).

"Ini saya juga mengajak Kepala BKD Riau agar melihat langsung. Nanti catatan ini akan menjadi pertimbangan untuk promosi. Masa yang rajin sama dengan yang tidak rajin. Begitu juga yang disiplin masa sama dengan yang tak disiplin," jelas Edy Nasution.

Saat razia tersebut, Edy Nasution mendapati salah seorang pejabat Eselon II yang sedang duduk di kedai kopi Laris Jalan Karet. Edy Nasution langsung menegur kepala dinas tersebut dan mengatakan kenapa masih di sini saat jam kerja.

"Ini kepala dinasnya duduk ngopi. Bagaimana menjadi contoh yang baik bagi anak buahnya, kalau kepalanya saja seperti ini," ujar Edy Nasution.

Sementara itu, Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi sangat prihatin mendengar laporan dari Edy Nasution ditemukannya ASN yang nongkrong di kedai kopi saat jam kerja.

"Masih ada orang di luar sana yang mau bekerja sebagai ASN. Ini kita sudah jadi ASN tapi masih lalai dalam mempertanggungjawabkan pekerjaan kita. Pasti ada sanksi tegas yang akan kita berikan bagi ASN yang tidak disiplin," ungkap Syamsuar. ***