PEKANBARU - Seekor Buaya Sinyulong (Tomistoma schlegelii), berhasil dievakuasi dari Desa Pencing Bekulo, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Buaya tersebut berukuran 3,6 meter dengan lebar 45 Cm.

Kepala BBKSDA Riau Suharyono menjelaskan, evaluasi ini dilakukan oleh Petugas Resort Dumai dan Resort Duri, serta Balai Besar KSDA Riau pada Senin, 28 Desember 2020 kemarin. Berawal dari laporan sekretaris desa bahwa warganya sudah menangkap seekor Buaya dari kanal kecil di dekat pemukiman warga.

"Berdasarkan laporan dari Sekdes Desa Pencing Bekulo Sukardi, petugas lalu turun ke lokasi dan melakukan pengecekan. Diperkirakan Buaya masuk ke kanal pada saat banjir, kanal tersebut memang mengarah ke aliran Sungai Mandau yang jauhnya sekitar 4 Km," tuturnya, Sabtu (2/1/2021).

Ia mengatakan saat ini buaya tersebut telah dievakuasi dan dibawa untuk dilepasliarkan di habitatnya yang jauh dari pemukiman penduduk. Hal ini agar Biaya tersebut dapat hidup bebas tanpa terjadi konflik dengan manusia.

Sementara itu, Suharyono juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada warga Desa Pencing Bekulo, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak yang telah berlaku tidak anarkis terhadap satwa dilindungi tersebut.***