PEKANBARU - Dua bus ditambah satu mobil tahanan Kejaksaan Negeri (Kejari) Siak yang membawa narapidana serta tahanan dari Rutan Kelas II B Siak, tiba di Rutan Sialang Bungkuk, Sabtu (11/5/2019) malam.

Dimana jumlah keseluruhan yang sudah sampai ke Rutan Sialang Bungkuk malam ini sebanyak 79 orang, yang terdiri dari Narapidana dan Tahanan. Pemindahan dilakukan karena Rutan Kelas II B Siak sudah tidak memungkinkan untuk ditempati.

Pantauan di lapangan pemindahan dikawal ketat oleh petugas bersenjata yang terdiri dari satuan Brimob Polda Riau, TNI, dan dibantu petugas keamanan Rutan. Para tahanan tampak mulai turun dari mobil dalam kondisi tangan diborgol, satu persatu digiring memasuki Rutan.

"Ini trip pertama, ada sebanyak 79 orang napi. Rencananya trip pertama ini akan kita bagi dua kelompok dalam dua kamar. Tidak akan kita berikan untuk akses ke kamar lain, untuk bloknya di Alfa (A) semuanya," ujar Kepala Rutan Kelas II B Pekanbaru Riko Stiven di Pekanbaru.

Ads
Menurut penjelasannya, tahanan yang akan dipindahkan ke rutan Sialang Bungkuk sebanyak 130 orang. Trip kedua akan menyusul malam ini karena tidak bisa ditunda lagi melihat kondisi di Rutan kelas II B Siak sudah tidak memungkinkan lagi menahan para napi di sana.

Lebih lanjut, Riko mengatakan Rutan Sialang Bungkuk sendiri sebenarnya sudah melebihi kapasitas namun pihaknya harus siap membantu penampungan tahanan dari Rutan kelas II Siak.

"Sampai hari ini, total tahanan dan napi di Rutan Pekanbaru berjumlah 1.715 orang, ditambah 130 orang nanti. Dan ini baru trip pertama 79 orang, nanti menyusul lagi sisanya," tutup Riko.

Ia memastikan hingga saat ini kondisi Rutan Pekanbaru masih kondusif, tidak ada gejolak dari para Napi dan tahanan di dalam. Karena penambahan penghuni Rutan petugas pengamanan di dalam, akan diberlakukan skema shift BKO. Hal ini guna memastikan kondisi di dalam Rutan tetap kondusif. ***