SIAK SRI INDRAPURA - Berdasarkan data terakhir yang dirangkum dari Polda Riau, Sabtu (11/5/2019) sekitar pukul 19.30 WIB, masih ada 14 orang warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Siak yang belum ditemukan dan masih dalam pencarian kepolisian.

Hal itu diungkapkan Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo melalui Kabid Humas Kombes Pol Sunarto. Dimana warga binaan yang menghuni rutan tersebut sebanyak 648 orang. Terdiri laki-laki dewasa sejumlah 610 orang, laki-laki anak-anak sejumlah 12 orang dan perempuan 26 orang.

"Tahanan yang berstatus titipan sebanyak 159 orang dengan rincian, titipan Polres Siak sebanyak 4 orang, titipan Jaksa Siak sebanyak 27 orang, titipan Pengadilan Negeri Siak sebanyak 116 orang, dan titipan Pengadilan Tinggi Riau sebanyak 12 orang," kata Kombes Pol Sunarto kepada GoRiau.com.

Untuk warga binaan yang sudah dievakuasi ke lapas (lembaga permasyarakatan) terdekat sebanyak 615 orang. Rinciannya di Rutan Bangkinang 81 orang, Rutan Anak Pekanbaru 12 orang, Rutan Bengkalis 45 orang, Lapas Kelas II A Pekanbaru 26 orang perempuan, Rutan Dumai 5 orang, Rutan Gobah Pekanbaru 181 orang, dan Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru 265 orang.

Ads
"Sedangkan warga binaan yang melarikan diri dan belum ditemukan sebanyak 14 orang (untuk data tahanan yang kabur belum dapat diketahui dikarenakan file tahanan sudah terbakar)," ungkapnya.

Untuk proses evakuasi warga binaan ke lapas dan rutan disekitar Rutan Siak dikawal pasukan Satbrimob Polda Riau sebanyak 2 pleton (56 personil).

"Warga binaan yang belum dievakuasi sebanyak 33 orang, seperti dalam perawatan di RSUD Tengku Rafian Siak sebanyak 2 orang, dipindahkan ke rutan Polsek Siak 1 orang, dalam pemerikasaan terkait kerusuhan di Rutan Kelas IIB Siak oleh Satreskrim Polres Siak 7 orang. Baru berhasil diamankan dan diamankan di polsek terdekat sebanyak 9 orang. Sedangkan yang belum ditemukan 14 orang warga binaan," jelas Kombes Pol Sunarto. ***