PANGKALAN KERINCI - Hampir sempurna. Begitulah raihan nilai akreditasi yang diberikan untuk Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) Al Bayan, Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. Betapa tidak, dari 27 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) yang diakreditasi, SD IT swasta yang berlokasi di Jalan Arbes Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur meraih nilai 96 dan bertengger pada peringkat A.

''Alhamdulillah, untuk akreditasi SD/MI tahun 2016 ini, SD IT Al Bayan meraih nilai tertinggi dari sekolah sederajat yang juga diakreditasi pada tahun ini, peringkat A,'' jelas Kepala UPTD Disdik Pelalawan melalui KTU Junaidi,S.Pd, Rabu (2/11/2016).

Junaidi yang menyebut akreditasi yang berjangka 5 tahun sekali itu menyebutkan, salah satu poin penting kenapa SD IT Al Bayan Pangkalan Kerinci dengan Mudir Ustadz Gufron Halimi Rudiyanto,S.Pd itu dari Badan Akreditasi Provinsi (BAP) Riau yang melakukan penilaian, karena pihak sekolah swasta itu lebih siap.

''Artinya, semua aspek yang dinilai ketika diminta oleh asesor buktinya ada. Seperti RPP, serta berbagai poin penilaian lainnya,''jelasnya.

Terpisah, Mudir SD IT Al Bayan Pangkalan Kerinci, Ustadz Gufron Halimi Rudiyanto,S.Pd kepada media ini terkait predikat akreditasi tertinggi yang dicapai sekolah yang dipimpinnya berucap syukur. 

''Alhamdulillah tetap disyukuri. Tapi, tidak terlalu bergembira karena dalam praktik kita masih banyak ke kurangan dan perlu perbaikan,'''ujarnya merendah.

Karena menurut Ustadz Gufron, nilai tersebut hanya di atas kertas. Yang lebih berat justru membudayakan dalam keseharian. ''Jangan terlalu gembira nilai di atas kertas, namun lebih pada penekanan bagaimana nilai budaya bisa diaplikasi dalam sehari-hari dalam mengelola pendidikan,'' ungkapnya lagi.

Namun, Ustadz yang memiliki nama kun yah Abu Aufa ini tetap mengapresiasi atas capaian tertinggi se Kabupaten Pelalawan tahun 2016 ini. 

''Saya juga apresiasi hasil usaha dan kerja keras semua warga sekolah, meskipun untuk menyukseskan sekolah merupakan tanggungjawab bersama,'' paparnya sembari menyebutkan SDIT Albayan mulai TP 2004/2005 dan saat ini memiliki 560 siswa dalam 22 rombel.

''Kami akan terus berbenah menjadi yang terdepan dalam pelayanan pendidikan berbasis Islam di Provinsi Riau 2025 sesuai Visi SD IT Albayan,''kata Ustadz Gufron sambil memaparkan salah satu visi sekolah melahirkan alumni pendidikan yang berakhlak Islami, cerdas, mandiri dan inovatif.

Keputusan SD IT Albayan meraih nilai akreditasi tertinggi berdasarkan Lampiran Surat Keputusan BAP-S/M Provinsi Riau, Nomor:581/BAP-SM/KP/-09/X/2016 Tanggal:26 Oktober 2016.

Dari lembaran itu diketahui Kabupaten Pelalawan ada 27 Sekolah Dasar/Madrasan Ibtidaiyah (SD/MI) yang diakreditasi oleh para asesor Provinsi Riau.

Dari 27 sekolah, 3 diantaranya sekolah swasta, selebihnya adalah Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kabupaten Pelalawan.

Pada urutan pertama SDS IT Al Bayan Jalan Arbes Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur Kecamatan Pangkalan Kerinci dengan nilai akreditasi 96 peringkat akreditasi A. Menyusul di nomor urut dua, SDN 011 Bukit Gajah Ukui Jalan 7 Desa Bukit Gajah Kecamatan Ukui 92, A Dan SDN 001 Langgam Jalan Ungge Bomban, No 2 Kelurahan Langgam 92, A.

Tiga sekolah swasta yang diakreditasi yakni SDS, Al Bayan dan Evergren Jalan Lingkar Pangkalan Kerinci Timur, 88 A serta MIS 1 yakni Darun Nafis Jalan Rambutan Pangkalan Kerinci 87 A. ***